Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan Macromedia Flash terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

ANISATUS, SA’ADAH (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan Macromedia Flash terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANISATUS SA’ADAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan tujuan umum dari pembelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII MTs GUPPI 03 Belanga, Lampung Selatan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik tergolong masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh data nilai pretest yang dilakukan peneliti pada tahun ajaran 2019/2020. Peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM dengan nilai yaitu 23 dari 32 peserta didik. Berdasarkan hal tersebut diatas, peneliti terdorong untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan Macromedia Flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs GUPPI 03 Belanga, Lampung Selatan pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Sebelum dilakukan uji analisis data terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji analisis varian (Anava satu jalan) dan uji komparasi ganda (uji scheffe‟). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji Anava satu jalan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan Macromedia Flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Berdasarkan hasil dari perhitungan Uji komparasi ganda (uji Scheffe‟), diperoleh kesimpulan bahwa secara berurutan model pembelajaran yang paling baik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep adalah Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan Macromedia Flash, Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan Macromedia Flash, kemudian model direct instruction. Kata kunci : Model Pembelajaran, Conceptual Understanding Procedures (Cups), Macromedia Flash Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2021 02:54
Last Modified: 01 Jul 2021 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14987

Actions (login required)

View Item View Item