HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL DAN PARENTAL AUTONOMY SUPPORT DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL

Desi, Triani Lestari (2021) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL DAN PARENTAL AUTONOMY SUPPORT DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1,BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DESI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Kompetensi Sosial dan Parental Autonomy Support dengan Perilaku Cyberbullying Pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial Oleh : Desi Triani Lestari Perilaku cyberbullying merupakan perilaku yang mengancam maupun menindas seseorang yang akan berdampak buruk bagi korbannya dengan melalui aksinya lewat media sosial. Kompetensi sosial dan parental autonomy support diduga faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku cyberbullying. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kompetensi sosial dan parental autonomy support dengan perilaku cyberbullying, untuk menganalisis hubungan antara kompetensi sosial dan perilaku cyberbullying, untuk menganalisis hubungan antara parental autonomy support dengan perilaku cyberbullying. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Muamalah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung angkatan 2018 berjumlah 290 mahasiswa. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan melakukan screening terlebih dahulu sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologi meliputi skala perilaku cyberbullying, kompetensi sosial dan parental autonomy support. Skala perilaku cyberbullying berjumlah 38 aitem (α = 0,963), pada kompetensi sosial berjumlah 31 aitem (α = 0,901) dan pada parental autonomy support berjumlah 27 aitem (α = 0,898). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda yang dibantu dengan program SPSS 21.0 for windows. Data yang dianalisis menunjukkan hasil : 1. Rx1.2.3-y = 0,911 nilai F = 171.458 dengan signifikansi p = 0,000 (p < 0,01). Kompetensi sosial dan parental autonomy support tersebut memberikan sumbangan efektif sebesar 83% terhadap variabel terikat dan 17% dihasilkan oleh variabel lain di luar penelitian. 2. rx1-y = -0.803 dan p = 0,000 (p < 0,01) menunjukkan bahwa ada hubungan negatif signifikan antara kompetensi sosial dan perilaku cyberbullying pada remaja. 3. rX2-y = -0.833 dan p = 0,000 (p < 0,01) menunjukkan bahwa ada hubungan negatif signifikan antara parental autonomy support dengan perilaku cyberbullying pada remaja. Kata Kunci : Perilaku Cyberbullying, Kompetensi sosial, Parental autonomy support

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:56
Last Modified: 29 Jun 2021 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14960

Actions (login required)

View Item View Item