PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA SMP

INTAN, DYRA SHARI FAISYAL (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN DYRA FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA SMP Oleh Intan Dyra Shari Faisyal Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul matematika yang valid, layak digunakan, dan menarik, serta efektif untuk digunakan di dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dari penelitian ini ialah siswa SMP Negeri di Kota Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan yakni wawancara, kuesioner (angket) berupa angket validasi ahli, analisis kebutuhan, dan uji coba produk kepada siswa, serta dokumentasi. Hasil validasi ahli materi dan media yaitu skor yang diperoleh sebesar 3,55 dan 3,43 dengan kriteria “layak digunakan”, hasil uji coba kemenarikan produk kepada siswa untuk kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh skor 3,73 dan 3,71 dengan kriteria “sangat menarik”. Kesimpulannya ialah e-modul matematika berbasis etnomatematika dengan pendekatan scientific learning pada siswa SMP dinyatakan valid, layak digunakan, dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci : E-Modul Matematika, Etnomatematika, Pendekatan Scientific Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:49
Last Modified: 29 Jun 2021 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14959

Actions (login required)

View Item View Item