IMPLEMENTASI METODE BEYOND CENTRE AND CIRCLES TIME (BCCT) DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK A TK AISYIAH

ANITA, SEPTIANA PUTRI (2021) IMPLEMENTASI METODE BEYOND CENTRE AND CIRCLES TIME (BCCT) DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK A TK AISYIAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER.BAB 1, BAB 2,DAPUS ANITA.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan bahasa anak usia dini di TK Aisyah pada Kelompok A masih belum maksimal. Untuk itu dibutuhkan suatu terbosan dalam belajar agar kemampaun bahasa anak dapat lebih berkembang yaitu dengan menggunakan metode Beyond Centre And Circles Time (BCCT). Penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode Beyond Centre And Circles Time (BCCT) dalam mengembangakan kemampuan bahasa anak di TK Aisyiah kelompok A. Metode Beyond Centre And Circles Time (BCCT) adalah metode pembelajaran yang terdapat sentra-sentra yang sifanya permainan dan mengajak anak untuk menjadi lebih aktif lagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yaitu pendekatan penelitian tanpa menggunakan angka statistik tetapi dengan pemaparan secara deskriptif yaitu penelitian lapangan (field research) berusaha mendeskripsik gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi di saat sekarang, dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi fokus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagaimana adanya. Hasil dari penelitian ini penggunaan metode Beyond Centre And Circles Time (BCCT) dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di TK Aisyiah kelompok A. Dengan adanyan Beyond Centre And Circles Time (BCCT) anak melakukan dialog antar teman, saling Tanya jawab satu sama lain dalam bermain sehingga perkembangan bahasa anak menjadi berkembang. Dengan metode ini akan memberikan motivasi dari guru sehingga terlihat kemampuan anak dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak, sehingga anak menjadi lebih semangat dalam belajar dan mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak. Disimpulkan bahwa melalui metode BCCT dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Aisyiah memberikan hasil sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan bahasa anak yang mencapai berkembang sesuai harapan guru sesuai dengan Permendikbud No. 146 Tahun 2014 karena anak dapat berkomunikasi dengan temannya dengan ekspresinya masing-masing. Kata Kunci : Beyond Centre And Circles Time (BCCT), Kemampuan Bahasa Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:32
Last Modified: 29 Jun 2021 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14957

Actions (login required)

View Item View Item