ANALISIS MINIMASI BIAYA DISTRIBUSI UDANG MENGGUNAKAN LINEAR PROGRAMMING BERBANTU APLIKASI QM FOR WINDOWS (Studi Kasus Di PT Central Pertiwi Bahari)

TESIA, KRIS MONICA PUTRI (2021) ANALISIS MINIMASI BIAYA DISTRIBUSI UDANG MENGGUNAKAN LINEAR PROGRAMMING BERBANTU APLIKASI QM FOR WINDOWS (Studi Kasus Di PT Central Pertiwi Bahari). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI TESIA KRIS MONICA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 ,DAPUS TESIA KRIS MONICA PUTRI.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Metode simpleks digunakan untuk menyelesaikan masalah optimasi yang melibatkan tiga variabel atau lebih yang tidak dapat diselesaikan dengan metode grafik . metode simpleks adalah metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang memiliki lebih dari satu variabel. Metode simpleks didefinisikan sebagai cara menyelesaikan permasalahan yang memiliki variabel keputusan minimal dua dengan menggunakan alat bantu tabel. Minimasi biaya distribusi udang harus dilakukan untuk memberikan keuntungan yang maksimal. salah satu cara untuk meminimasi biaya distribusi udang dengan linear programming. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian adalah seagai berikut: (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi biaya distiribusi udang PT. Central Pertiwi Bahari (2) Untuk mengetahui apakah linear programming dengan metode simpleks dapat meminimalkan biaya distribusi udang. Penelitian ini adalah studi pustaka yang merupakan telaah dari literatur dengan mengkaji buku-buku, catatan-catatan dan laporan-laporan yang sesuai dengan bidang yang diteliti. Langkah-langkah untuk melengkapi hasil penelitian antara lain: (1) observasi, (2) pengumpulan data, (3) membuat model matematika, (4) meminilasasi biaya distribusi dengan metode simpleks, (5) meminilisasi biaya distribusi dengan alat bantu QM for Windows. Perhitungan optimalisasi (meminimalkan) dengan metode simplek dan berbantu software POM QM for Windows 5.0 maka disimpulkan bahwa PT. Central Pertiwi Bratasena akan memperoleh hasil optimal jika pengurangan biaya pendistribusian udang pada kendaraan perusahaan sebesar 3,75% atau menjadi Rp. 72.187.500, yang sebelumnya Rp. 75.000.000,. Penghematan dalam modal kegiatan pendistribusian menjadi Rp. 281.250.000, untuk kegiatan per bulan. Kata Kunci: Analisis Minimasi, Linear Programming, QM For Windows

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:26
Last Modified: 29 Jun 2021 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item View Item