PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ANDROID MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP/MTS

DESY, KURNIATI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ANDROID MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP/MTS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan android menggunakanMacromedia Flash pada materi lingkaran kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan melalui Ahli media, Ahli materi, Respon Peserta Didik dan Pendidik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan prosedur dari metode ADDIE yang merupakansingkatan dari Analysis, Design, Development orProduction, Implementation or Delivery and Evaluations. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jatiagung dan MTs Al-Hidayah Jatiagung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Ahli materi, angket Ahli media, angket respon Peserta Didik dan Pendidik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket/kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain : (1) Hasil utama dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbantuan android menggunakan Macromedia Flash dalam pembelajaran matematika. (2) Tahap desain, pembuatan media menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 dengan bantuan aplikasi Photoshop dan Ms. Power Point. (3) Validasi desain, Hasil penilaian para Ahli media pembelajaran berdasarkan hasil angket Ahli media dan Ahli materi, media pembelajaran yang dikembangkan dengan 2 kali tahap validasi. Validasi akhir dari Ahli materi mencapai skor rata-rata 3,74 dan Ahli media 3,82 maka dapat disimpulkan media yang dikembangakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. (4) Uji coba lapangan, berdasarkan hasil analisis angket respon Peserta Didik pada uji skala kecil memperoleh skor 3,44 dan pada uji coba lapangan memperoleh skor 3,58 maka dapat disimpulkan kemenarikan media pada kategori sangat menarik. (5) Uji coba lapangan, berdasarkan hasil analisis angket respon Pendidik pada media pembelajaran interaktif ini memperoleh akor 3,71 dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media tersebut layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci :Macromedia Flash, Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:22
Last Modified: 29 Jun 2021 02:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14942

Actions (login required)

View Item View Item