MANAJEMEN PELAYANAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM MENGURANGI TINGKAT PERCERAIAN DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG

AGUNG, PRATAMA (2021) MANAJEMEN PELAYANAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM MENGURANGI TINGKAT PERCERAIAN DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) merupakan badan atau suatu lembaga yang tugas dan fungsinya adalah memberi bimbingan kepada calon pengantin sebelum pernikahan dan mendamaikan suami istri yang sedang berselisih. Badan ini tidak menangani masalah perceraian karena masalah perceraian ditangani langsung oleh PA (Pengadilan Agama) BP4 KUA kecamatan kedaton dalam empat tahun terakhir menerima laporan perceraian yang sangat signifikan, untuk itu diperlukan adanya manajemen pelayanan yang tepat dalam meminimalisir tingkat perceraian. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen pelayanan BP4 dalam mengurangi tingkat perceraian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian terkategori field research ini bersifat deskriftip analisis, yaitu suatu metode penelitian dengan mengumpulkan data-data yang telah disusun, dijelaskan, dianalisis, dan kemudian diperoleh kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan survey, dokumentasi dan wawancara mendalam (dept interveiw). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan BP4 dalam mengurangi tingkat perceraian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung belum dapat dilaksanakan secara optimal. Perubahan perbaikan BP4 Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung harus berbarengan dengan mengevaluasi kembali semua aturan yang berkaitan dengan pembinaan dan pelestarian perkawinan. BP4 Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung hendaknya lebih meningkatkan koordinasi dan kemitraan dengan instansi pemerintah di Pusat dan Daerah serta organisasi lembaga kemasyarakatan dalam melaksanakan kegiatan gerakan keluarga sakinah Kata kunci: Manajemen Pelayanan, BP4, Tingkat Perceraian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:17
Last Modified: 29 Jun 2021 02:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14940

Actions (login required)

View Item View Item