ANALISIS BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP STUDI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATERI AJAR

SUCI, RAMADHANTI (2021) ANALISIS BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP STUDI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATERI AJAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu usaha yang dilakukan untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran adalah dengan pengadaan buku ajar di sekolah. Ketersediaan buku ajar yang berkualitas akan mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Buku ajar bisa berpengaruh kuat dalam memberikan pengalaman belajar siswa. Buku sebagai salah satu sumber dan media dalam belajar turut menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pendekatan saintifik pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA kelas X kurikulum 2013. Kriteria langkah�langkah saintifik tersebut adalah mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Jenis penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Studi pustaka adalah pencarian sumber-sumber atau opini pakar tentang suatu hal yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Dalam teknik pengumpulan data penelitian ini peneliti menggunakan metode dokomentasi. Cara mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, seperti arsip, buku tentang teori, pendapat, dalil, atau hukum, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian disebut teknik dokumenter atau studi dokumenter. Mengumpulkan data dari suatu lembaga survei, perpustakaan, lembaga-lembaga negara yang memiliki pustaka data yang ter-updete, atau paper-paper yang terkait dengan penelitiannya. Metode ini digunakan untuk mencari data mengenai penerapan pendekatan saintifik dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA kelas X. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data maka penulis dapat ditarik kesimpulann sebagai berikut::Langkah-langkah saintifik seperti mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sudah baik, walaupun masih ada yang harus diperbaiki seperti memberikan kalimat perintah pada setiap langkah-langkah saintifik, untuk proses mengamati dalam buku ini sudah memberikan kalimat perintah, tetapi dalam proses menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan belum terdapat kalimat peritah dan diharapkan agar langkah saintifik yang lain dapat diberi kalimat peritah untuk mempermudah siswa dalam menerapkan langkah-langkah saintifik, walaupun demikian buku ini sudah sangat baik digunakan untuk proses belajar mengajar di SMA kelas X. Kata Kunci: Analisis Buku Ajar, Buku Ajar Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:23
Last Modified: 28 Jun 2021 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14927

Actions (login required)

View Item View Item