IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 2 TUMIJAJAR

NUR, HALISAH (2021) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 2 TUMIJAJAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 2 TUMIJAJAR Oleh NURHALISAH Dalam dunia pendidikan dikenal beberapa teori pendidikan. Salah satunya adalah teori belajar humanistik, fokus dalam pembahasan ini adalah perilaku manusia. Realitanya proses pembelajaran yang berlangsung di kelas tidak berjalan dengan semestinya, karena proses pembelajaran di kelas didominasi oleh peran guru, pembelajaran pendidikan agama Islam disekolah masih pada tataran penyampaian materi saja. Hal tersebut terlihat dari metode yang digunakan oleh guru berupa ceramah. Dimana metode ini tidak melibatkan peserta didik langsung dalam penyampaian materi dan proses belajar mengajar Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab persoalan-persoalan yang terjadi dalam proses pembelajaran PAI di SMA N 2 Tumijajar dengan menggunakan teori belajar humanistik. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi kepada semua pihak dalam pembelajaran PAI umumnya, dan khususnya SMA N 2 Tumijajar sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian dalam skripsi ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan penulis adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada implementasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran PAI di SMA N 2 Tumijajar, penulis melihat pada proses pembelajaran PAI yang berlangsung. Guru sudah mampu dalam mengimplementasikan teori belajar humanistik pada pembelajaran PAI. Hal ini dilihat antara guru dan siswa maupun sebaliknya, penciptaaan suasana yang nyaman tanpa ancaman, para siswa ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi berpusat kepada siswa, guru bertindak sebagai fasilitator dan mediator, di samping itu siswa diberikan kebebasan berpendapat. Namun ada beberapa hambatan terkait implementasi teori belajar humanistik yaitu kurangnya pemahaman sebagian guru tentang konsep pendidikan humanistik, keterbatasan penguasaan IT, terbatasnya interaksi antara guru dan murid disekolah serta perhatian orang tua yang kurang. Serta sarana dan prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:20
Last Modified: 28 Jun 2021 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14926

Actions (login required)

View Item View Item