UPAYA PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG DALAM MENSEJAHTERAKAN PETANI DAN INDUSTRI KOPI ROBUSTA PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Pada Petani Kopi dan Industri Kopi di Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus)

YUSHA, HARIABRATA (2021) UPAYA PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG DALAM MENSEJAHTERAKAN PETANI DAN INDUSTRI KOPI ROBUSTA PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Pada Petani Kopi dan Industri Kopi di Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI YUSHA HARIABRATA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Provinsi Lampung di identikan dengan varietas kopi terbaiknya yaitu kopi robusta Lampung yang memiliki cita rasa yang cenderung pahit serta aroma yang kuat sehingga banyak di gemari oleh masyarakat sehingga banyak diminati oleh masyarakat luas. Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah penyokong terbesar kopi robusta di Indonesia dengan rata-rata produksi 100.000 ton biji kopi kering pertahunnya, yang 70% nya digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekspor nasional. Sehingga diperlukannya suatu dukungan dari Pemerintah Daerah untuk mensejahterakan petani kopi serta kemajuan industri kopi robusta di Lampung, dengan membuat Rancangan Peraturan Daerah yang menspesifikasikan kopi robusta Lampung. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya Pemerintah Provinsi Lampung dalam mensejahterakan petani kopi serta meningkatkan kemajuan industri kopi robusta berdasarkan Surat Edaran Gubernur Lampung No. 045.2/2123/V.22/2018 Tentang Penggunaan Produk Kopi Lampung, dalam perspektif siyasah dusturiyah Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya serta peran pemerintah Provinsi Lampung dalam mensejahterakan petani kopi serta kemajuan industri kopi robusta Menurut Surat Edaran Gubernur Lampung dalam perspektif siyasah dusturiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analis. Sumber data yang dikumpulkan adalah data primer yang didapat dari sejumlah responden yang terdiri dari pihak pemerintah, petani kopi, dan pemilik industri kecil menengah (IKM) yang berada di tempat sample penelitian. Sedangkan data sekunder dilakukan melalui kepustakaan bertujuan untuk mengumpulkan data-data dan informasi dengan bantuan literasi dari perpustakaan. Pengumpulan data menggunakan metode interview, dokumentasi dan pustaka.Hasil dari penelitian ini bahwa upaya pemerintah dalam mensejahterakan petani dan industri kopi robusta di lampung masih dikatakan berjalan, Karena pelaksanaan yang ada masih secara bertahap, sehingga belum sepenuhnya terealisasi secara maksimal berupa pelatihan maupun bantuan. Sehingga Implementasi dari Surat Edaran Gubernur Lampung No. 045.2/2123/ V.22/2018 Tentang Penggunaan Produk Kopi Lampung, perlu dikuatkan dengan pembentukan Raperda yang menspesifikasikan kopi robusta Lampung dan dalam pembuatan suatu rancangan peraturan daerah hendaknya pemerintah provinsi dalam hal ini kepala daerah yang mempunyai wewenang agar berkoordinasi dengan DPRD selaku wakil rakyat yang juga berhak dalam membentuk serta menentukan peraturan di daerahnya dengan menjunjung prinsip musyawarah yang berkeadilan serta tetap memperdoman Al–Qur’an dan Hadist sebagai rujukan dalam menentukan kebijakan maupun keputusan yang adil serta bermanfaat bagi kemaslahatan rakyatnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:40
Last Modified: 28 Jun 2021 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14915

Actions (login required)

View Item View Item