PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMK N 1 BANDAR LAMPUNG

SRI, DINA HANDAYANI (2021) PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMK N 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMK N 1 BANDAR LAMPUNG OLEH: Sri Dina Handayani 1611080224 Kecerdasan emosional merupakan kemampuan dasar manusia dalam memertahankan hidupnya untuk mengendalikan dorongan emosi, berempati kepada orang lain, mengelola emosi, kemampuan untuk memotivasi dirinya, serta membina hubungan baik dengan orang lain. Sebagai bidang yang memiliki fokus dalam pencegahan masalah dan pengentasan masalah yang sering dialami peserta didik, tentunya bimbingan dan konseling memiliki media ataupun layanan konseling yang terdapat dalam peraturan menteri pendidikan yaitu sebagai upaya memaksimalkan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang membantu dalam proses mengentaskan masalah peserta didik. Kemudian dalam praktiknya guru bimbingan dan konseling menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan konseling kelompok dengan teknik assertive training dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMK N 1 Bandar Lampung. Subjek dalam penelitian ini ada 8 peserta didik dengan kriteria permasalahan kurang mampu mengenali dan mengelola emosi dirinya dan orang lain, tidak bisa bertanggung jawab terhadap perasannya, dan kurang membina hubungan baik dengan orang lain. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data-data mengenai layanan bimbingan konseling yang dilaksanakan oleh guru di SMK N 1 Bandar Lampung dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan assertive training oleh guru bimbingan dan konseling tepat dilakukan dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMK N 1 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:37
Last Modified: 28 Jun 2021 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14912

Actions (login required)

View Item View Item