PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) OLEH UNIT PERCONTOHAN PENYULUH KEHUTANAN (UPPK) DESA SUKOHARJO I KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU

ARIF, PUJIONO (2021) PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) OLEH UNIT PERCONTOHAN PENYULUH KEHUTANAN (UPPK) DESA SUKOHARJO I KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan merupakan upaya untuk memeberikan daya atau penguatan kepada masyarakat,sebagai kemampuan individu yang bersenyawa dengan masyarakat dalam membanangun keberdayaan masyarakat yang bersangkutan, sehingga bertujuan untuk menemukan alternative-alternatif baru dalam pembangunan masyarakat. Masyarakat desa sukoharjo I mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Sub Pertanian masyarakat desa sukoharjo I berfokus pada kebun kakao. Dengan hadirnya UPPK membantu masyarakat berkebun kakao dengan popla yang baik sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian masyarakat, sehingga hal ini dapat memperbaiki taraf kehhidupanya. Dengan bukti-bukti yang ada maka peneliti akan melihat secara detail tentang proses pemberdayaan kelompok tani hutan ngudi rukun oleh unit percontohan penyuluh kehutanandi desa sukoharjo I kecamatan sukoharjo kabupaten pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Desain penelitian ini yaitu studi kasus atau case-study, tentang pemberdayaan anggota kelompok tani hutan ( KTH ) di desa sukoharjo 1 kec. Sukoharjo kabupaten pringsewu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode interview bebas terpimpin, observasi non partisipan dan dokumentasi. Analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian diketahui adanya proses pemberdayaan yang di terapkan oleh penyuluh kehutanan dalam membangun masyarakat di Desa Sukoharjo. Proses pemberdayaan yang di lakukan Melalui tahapan pemberdayaan yaitu seperti penyadaran, pengkapasitasan dan pendayaan. sejak tahun 2010 Proses perubahan kehidupan sosial-ekonomi dan pengetahuan masyarakat menjadi lebih baik. Tentunya Dengan peran UPPK sebagai penyuluh dan KTH mau menjalankan program-program kelompok yang telah di buat berdasarkan musyawarah mufakat. Sehingga pemberdayaan tersebut dapat meningkatkkan kesejahteraan masyarakat. Kata Kunci: Pemberdayaan, Kelompok Tani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:58
Last Modified: 28 Jun 2021 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14900

Actions (login required)

View Item View Item