PERAN POSBAKUM TERHADAP PEMBERIAN BANTUAN HUKUM MASYARAKAT MISKIN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Posbakum Pengadilan Agama Tanjung Karang)

AZIZ, SETIAWAN (2021) PERAN POSBAKUM TERHADAP PEMBERIAN BANTUAN HUKUM MASYARAKAT MISKIN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Posbakum Pengadilan Agama Tanjung Karang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Posbakum disediakan untuk setiap orang yarrg tidak mampu membayar jasa advokat Mereka berhak mendapatkan bantuan hukum secara adil dan tidak memihak. Hak ini merupakan hak dasar setiap manusia. Hak ini bersifat universal berlaku di manapun, kapanpun dan pada siapapun. Pemenuhan hak ini merupakan tugas dan kewajiban negara. Setiap warga negara tanpa memandang suku,warna kulit status sosial, kepercayaan dan pandangan politik berhak mendapatkan akses tethadap keadilan. Posbakum yang mengemban tugas memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu membayar jasa advokat tersebut mulai ada sejak awal tahun 2011. Pos Bantuan Hukum adalah ruang yang disediakan oleh dan pada Pengadilan Agama bagi pemberi bantuan hukum dalam memberikan layanan bantuan hukum kepada pemohon bantuan hukum, dalam hal konsultasi hukum dan bantuan pembuatan surat gugatan atau permohonan. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana peran Posbakum bagi masyarakat miskin dan pada umumnya di Pengadilan Agama Tanjung Karang. (2) Bagaimana pandangan hukum Islam dalam memberi bantuan terhadap masyarakat miskin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara penelitian lapangan atau field research. Penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis dengan cara deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Peran Posbakum dalam pemberian bantuan terhadap masyarakat miskin dan masyarakat pada umunya di Pengadilan Agama Tanjung Karang yaitu memberikan informasi, konsultasi, atau advis hukum. Adapun kendala-kendala yang dihadapi yaitu kurangnya dana, kurangnya sosialisasi, pembatasan pemberian layanan hukum dan kurangnya pengetahuan masyarakat terkait keberadaan dan kegunaan Posbakum itu sendiri. Posbakum di Pengadilan Agama Tanjung Karang berperan dalam memberikan bantuan hukum iiterhadap masyarakat yang membutuhkan. Sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam memberikan bantuan hukum terhadap masyarakat yang membutuhkan, Posbakum pada Pengadilan Agama Tanjung Karang telah menjalankan tugasnya sesuai dengan anjuran dalam hukum Islam. Islam mengajarkan manusia untuk saling tolong�menolong, sehingga dengan adanya peran Posbakum di Pengadilan Agama Tanjung Karang dalam memberi bantuan pada masyarakat miskin, telah menecerminkan bahwa Posbakum telah melaksanakan perannya sesuai dengan anjuran dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:31
Last Modified: 28 Jun 2021 02:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14895

Actions (login required)

View Item View Item