KONSEP KEBEBASAN BERPIKIR PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM ( PEMIKIRAN ISLAM FAZLUR RAHMAN)

SHINTA, HERIYANTI (2021) KONSEP KEBEBASAN BERPIKIR PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM ( PEMIKIRAN ISLAM FAZLUR RAHMAN). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kebebasan berpikir dalam konteks persfektif Pendidikan Islam sejalan dengan kebebasan manusia dalam Islam yang merupakan mengenai kebebasan berpikir dalam menerima hal yang dianggap positif. Kebebasan dirumuskan berdasarkan pandangan yang holistik tentang manusia dengan berbagai potensinya. Rumusan manusia ideal ini dilihat pada konsep kholifah Allah dibumi. Kebebasan berpikir merupakan problem yang terus-menerus digeluti dan diperjuangkan oleh manusia. Keinginan manusia untuk bebas merupakan keinginan yang sangat mendasar. Oleh karena itu tidak mengherankan kalau dalam sejarah perkembangan pemikiran muncul berbagai pendapat yang berusaha menjawab problem tersebut. Meskipun demikian tetap harus diakui bahwa persoalan kebebasan manusia merupakan suatu persoalanyang masih tetap terbuka sampai dewasa ini. Mengapa? Karena titik tolak yang digunakan untuk menjawab persoalan itu bukan hanya sering kali berbeda, namun juga sering kali bertentangan. Kebebasan adalah suatu kata yang enak kedengaranya, menarik hati dan pendengaran. Kebebasan telah memberi ilham bagi timbulnya berbagai nyanyian dan pujaan, sehingga membuka pintu bagi cita-cita yang tinggi memenuhi tuntutan hak-hak orang teraniaya dan tertekan Tujuan dari penalitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana Konsep Kebebasan Berpikir Dalam Pendidikan Islam Perspektif Pemikiran Fazlur Rahman. Dilihat dari penelitian ini akan membahas tentang bagaimana pemikiran seorang Fazlur Rahman, sehingga penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pustaka (Library Research). Didalam penelitian tersebut nantinya, peneliti tidak memerlukan penelitian secara langsung di lapangan guna mencari sebuah data atau observasi dengan menggunakan sampel data. Sumber yang digunakan oleh peneliti ini diambil dari sumber utama yaitu buku-buku yang dikarang oleh Fazlur rahman, atau karya-karya yang dicetak Fazlur rahman melalui media massa, dan buku yang relevan sebagai penunjang sumber utama.Penelitian kepustakaan berkaitan dengan kegiatan membaca, mencatat, serta mengolah bahan penelitian tersebut. Kajian literatur ini merupakan suatu analisa dan pengkajian iiiinformal, dimana memusatkan perhatia pada temuan-temuan, meringkas isi literatur serta mengambil kesimpulan dari suatu isi literatur tersebut Berdasarkan hasil penelitian Kebebasan berpikir dalam konteks persfektif Pendidikan Islam sejalan dengan kebebasan manusia dalam Islam yang merupakan mengenai kebebasan berpikir dalam menerima hal yang dianggap positif. Disimpulkan analisis Fazlur Rahman yang menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan oleh dunia pendidikan Islam, beliau berpendapat bahwa “kita tidak bisa lepas dari sistem pendidikan Barat karena umat Islam juga ingin belajar dunia Barat, tetapi sistem pendidikan Barat telah mendehumanisasi dan membekukan jiwa manusia”. Sedangkan dalam dunia Muslim sendiri terdapat sifat defensif yang berlebihan di mana hal tersebut dilakukan karena untuk menyelamatkan pikiran kaum Muslimin dari pencemaran atau kerusakan yang ditimbulkan oleh dampak dari gagasan Barat melalui berbagai disiplin ilmu, terutama gagasan yang mengancam akan meledakkan standar-standar moralitas tradisional Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:15
Last Modified: 25 Jun 2021 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14894

Actions (login required)

View Item View Item