VIDGRAM SEBAGAI SARANA MEDIA DAKWAH (STUDY DESKRIPTIF PADA AKUN INSTAGRAM @XKWAVERS)

Apifah, Urpiah (2021) VIDGRAM SEBAGAI SARANA MEDIA DAKWAH (STUDY DESKRIPTIF PADA AKUN INSTAGRAM @XKWAVERS). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of cover_bab I II_Dapus.pdf] PDF
Download (491kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih, internet telah melahirkan banyak jejaring sosial dengan keunggulan dan daya tarik yang bermacam-macam. Mudahnya proses pengiriman informasi dalam aktivitas ber�media sosial membuat banyak orang menganggap bahwa jejaring sosial sebagai kebutuhan dan kebiasaan sebagai sarana menyebarkan momen dan dal-hal yang sedang populer kepada khalayak. Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang memiliki banyak pengguna dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Instagram yang bersifat photo sharing memiliki kekuatan untuk memudahkan penyebaran informasi sehingga banyak hal-hal yang lahir menjadi trending topic karena penyebarannya di internet. Dengan kemudahan penyebaran informasi seperti ini, pesan dakwah juga mendapat kesempatan untuk menyebar dengan cara yang dapat mengikuti perkembangan tren. Akun Instagram @xkwavers adalah akun yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana menyebarkan pesan-pesan dakwah. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam Instagram, akun @xkwavers memberikan pesan-pesan Islamiyah secara kreatif dan mudah diterima oleh pengguna Instagram lainnya. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap akaun @xkwavers dalam memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah dengan rumusan masalah: ”bagaimana pemanfaatan aplikasi Instagram sebagai media dakwah? dan apa saja kelebihan dan kekurangan dakwah melalui Instagram?”, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah yang ada pada akun @xkwavers. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat deskriptif. Jumlah keseluruhan dari populasi dalam penelitian ini adalah 60.900. sampel yang penulis teliti berjumlah 10. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara (via WA) dan lampiran kiriman dalam akun @xkwavers. Sedangkan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan membahas dan memahami data yang telah diperoleh guna menemukan hasil kesimpulan dari keseluruhan data dalam penelitian. Hasil temuan dari penelitian ini menjelaskan bahwa akun Instagram @xkwavers menggunakan fitur format video, format gambar, fitur captions, fitur mentions, fitur hashtag, dan fitur comment dalam memanfaatkan Instagram sebagai media untuk menyebarkan pesan-pesan Islamiyah secara efektif. Kelebihan media social Instagram adalah mudah dipahami dan mudah disampaikan kepada khalayak banyak terutama kepada para remaja. Dan kekurangan nya adalah dibilah explore atau pencarian Instagram masih sangat luas jadi sebagai pengguna harus bias memilah milah informasi yang tersedia di Instagram. Kata kunci: Instagram, Media, Dakwah, @xkwavers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2021 03:15
Last Modified: 25 Jun 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14876

Actions (login required)

View Item View Item