MOTIVASI BELAJAR AL QURAN HADIST DENGAN GOOGLE CLASROOM PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 7 BANDAR LAMPUNG

IKA, RAMADHANI (2021) MOTIVASI BELAJAR AL QURAN HADIST DENGAN GOOGLE CLASROOM PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di sekolah MIN 7 Bandar Lampung, menggunakan google clasroom tersebut metode baru yang sudah diterapkan sesuai anjuran pemerintah guna untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Adapun materi yang diberikan dalam pembelajaran daring divisualisasikan dalam bentuk format dan bentuk yang yang lebih dinamis. Sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online. Selain itu, perlu motivasi belajar peserta didik terhadap metode pembelajaran online adanya peningkatan bersama dalam metode pembelajaran, komunikasi dan interaksi antara peserta didik dan pendidik yang memudahkan aktivitas berbagi (sharing) sumber pembelajaran dan aktivitas diskusi tanpa terhalang oleh waktu dan ruang. Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitian adalah MIN 7 Bandar Lampung. Waktu penelitian adalah semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Adapun subjek penelitiannya adalah pendidik kelas IV. Sumber data yang didapatkan peneliti berdasarkan data primer (wawancara daring di kelas IV) dan data sekunder (dokumentasi pelaksanaan pembelajaran daring di kelas IV). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan angket. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan memperoleh data pencapaian skor 418,3% dengan total 59,8% sesuai dengan indikator motivasi belajar poin a.) Ada hasrat dan keingininan berhasil, dengan skor 206,1% dengan total 41,22% sesuai dengan indikator motivasi belajar poin b.) Ada dorongan dan kebutuhan dalam belajar, dengan skor 130,3% dengan total 65,15% sesuai dengan motivasi belajar poin c.) Ada harapan dan cita-cita masa depan, dengan skor 54,5% dengan total 27,25% sesuai dengan motivasi belajar poin d.) Ada penghargaan dalam belajar, dengan skor 102,8% dengan total 51,4% sesuai dengan motivasi belajar poin e.) Ada kegiatan yang menarik dalam belajar, dan dengan skor 139,4% iidengan total 69,7% sesuai dengan motivasi belajar poin f.) Ada lingkungan belajar yang kondusif. Kata Kunci: Motivasi Belajar Dengan Google Clasroom

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2021 03:13
Last Modified: 25 Jun 2021 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14875

Actions (login required)

View Item View Item