TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) (Studi di Kelurahan Sumberrejo Sejahtera, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung)

HANI, TRIANARA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) (Studi di Kelurahan Sumberrejo Sejahtera, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI HANI TRIANARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER.BAB 1. BAB 2, DAPUS HANI TRIANARA.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Disiplin Aparatur Sipil Negara di Kelurahan Sumberrejo Sejahtera, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung merupakan sebuah kunci keberhasilan pemerintah dalam keberhasilan kerja, baik dalam hal kinerja aparatur, waktu kerja pegawai sampai kepada pelayanan yang diberikan kepada masyarakat melalui unit kerja. Sebelumnya hal tersebut belum secara optimal diterapkan di instansi tersebut. Disiplin aparatur sipil negara menjadi salah satu langkah yang diambil Kelurahan Sumberrejo Sejahtera dari awal pemekaran sampai sekarang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana hukum Islam dan hukum Positif memandang disiplin ASN dalam upaya pelayanan masyarakat pasca pemekaran wilayah. (2) Bagaimana UU ASN Mengatur Etika dan Perilaku Disiplin ASN dalam Upaya Pelayanan Masyarakat Pasca Pemekaran Wilayah?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Kualitatif atau penelitian yang datanya langsung diperoleh dari lapangan, yaitu data yang langsung didapat dari sumber pertama dalam hal ini adalah para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan instansi Kelurahan Sumberrejo Sejahtera, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi yang dilakukan kepada seluruh populasi yang menjadi sampel penelitian yaitu : Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di kelurahan Sumberrejo Sejahtera berjumlah 6 orang. Hasil penelitian ini berupa : (1) Pegawai masih belum mengoptimalkan kinerjanya sehingga belum dapat mengembangkan kariernya sebagai aparatur sipil (ASN) negara yang kreatif dan inovatif, 2. Masih ditemukan pegawai yang belum memperhatikan waktu kehadirannya untuk pengoptimalan kerja dan kelancaran jam oprasional di kelurahan, 3. Pegawai masih ada yang meninggalkan ibadahnya untuk shalat pada saat diberikan waktu istirahat kerja, 4. Pegawai sudah menerapkan sistem pelayanan prima bagi masyarakat yaitu pelayanan yang cepat, tepat, akurat dan mudah untuk meningkatkan keparcayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, dan 5. Sudah pernah terjadi hukuman disiplin yang dilakukan yang membuat jabatan Lurah diisi oleh Camat selaku Plt untuk kelurahan Sumberrejo Sejahtera. (2) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara telah mengatur sikap disiplin ASN dengan pelaksanaannya menurut Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Aparatur Sipil Negara yang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2021 03:12
Last Modified: 25 Jun 2021 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14874

Actions (login required)

View Item View Item