IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM JARINGAN PADA KURIKULUM 2013DI KELAS 2 SD NEGERI 1 PALAPA BANDAR LAMPUNG

Rohma, yana (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM JARINGAN PADA KURIKULUM 2013DI KELAS 2 SD NEGERI 1 PALAPA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran tematik merupakan kegiatan pembelajaran yang diterapkan diSekolah Dasar sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menyempurnakan kurikulumtingkat satuan pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013. Pembelajaran tematiksudah ada sejak kurikulum tingkat satuan pendidikan(KTSP), namun dalam penerapannya belum maksimal, sehingga pemerintah melakukan penyempurnaan terhadap pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013. Implementasi pembelajaran tematik disusun secara sistematis yaitu terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Seperti yang penulis lihat disekolah tersebut bahwa masih ada kegiatan pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memuat sebuah penelitian yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Jaringan Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Palapa bandar Lampung”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan impelementasi pembelajaran tematik dalam jaringan di kelas 2 D SDNegeri 1 Palapa Bandar Lampung.Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi pembelajaran tematik dalam jaringan pada kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung menggunakan indikator perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran tematik, peneliti menarik kesimpulan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan pendidik adalah mengkaji silabus dan menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan pembelajaran. Pendidik melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model jaring laba-laba (webbed) dan pendidik menggunakan buku guru sebagai acuan dalam pembelajaran. Materi tema bermain di lingkunganku subtema bermain di lingkungan sekolah disajikan secara utuh tiap-tiap pembelajaran, peserta didik menerima mata pelajaran dalam tematik dan tidak terkesan terpisah-pisah antara mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lain. Namun pelaksanaan pembelajaran tersebut belum maksimal. Pendidik melakukan Penilaian proses dan hasil pembelajaran tematik dalam jaringandengan menggunakan teknik observasi/lembar pengamatan, tes tulis dan tes lisan. Kata Kunci: Pembelajaran, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2021 03:05
Last Modified: 25 Jun 2021 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14871

Actions (login required)

View Item View Item