IMPLEMENTASI KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM NOMOR DJ.II/542 TAHUN 2013 TENTANG KURSUS PRANIKAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Pada Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung)

Sisca, Novalia (2021) IMPLEMENTASI KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM NOMOR DJ.II/542 TAHUN 2013 TENTANG KURSUS PRANIKAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Pada Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS SISCA NOVALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keharmonisan rumah tangga berangkat dari adanya beberapa aspek yang dijaga dalam keluarga, seperti terciptanya kasih sayang antara keluarga dan saling pengertian sesama anggota keluarga. Banyaknya perkara yang mengakibatkan keluarga bercerai berai disebabkan oleh ketidakharmonisan di dalam rumah tangga. Kementerian Agama memandang hal itu sangat memprihatinkan, untuk itu pihak Kementerian Agama membuat keputusan diadakannya kursus pranikah dengan tujuan agar seseorang yang akan melangsungkan pernikahan mendapatkan bekal dari kursus pranikah tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pelaksanaan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.II/542 Tahun 2013 tentang Kursus Pranikah di kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung; Apa relevansi mengikuti Kursus Pranikah terhadap keharmonisan rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah; untuk menganalisis penerapan pelaksanaan Putusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.II/542 Tahun 2013 Tentang Kursus Pranikah di kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung; untuk mengetahui relevansi mengikuti Kursus Pranikah terhadap keharmonisan rumah tangga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Adapun data primer yaitu menggunakan data yang dikumpulkan dari sampel responden Kementerian Agama Kota Bandar Lampung dan sampel pasangan suami isteri dengan menggunakan teori kepatuhan hukum, teori keharmonisan dan teori sakinah kemudian penulis membuat analisis data dengan analisa kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Penerapan pelaksanaan Keputusan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.II/542 Tahun 2013 Tentang kursus pranikah sudah cukup efektif dengan memenuhi prosedur yang ada, calon pengantin mendapatkan buku dan sertifikat. serta merupakan bekal untuk pasangan agar mengurangi perselisihan keluarga, perceraian dan konflik, sehingga menjadi bekal untuk menjadi keluarga yang tentram, sejahtera, aman, damai serta benar-benar terwujudnya keluarga yang harmonis. Kursus pranikah memiliki relevansi yang positif terhadap keharmonisan rumah tangga, berbagai pengetahuan sangat dirasakan manfaatnya. Ditinjau dari teori maqāṣid asy- syarīʿah bahwa kursus pranikah sangat urgensi karena mengandung nilai yang positif (maslahah) dan merupakan al-maqāssid attabi’ah bagi sebuah pernikahan yang memperkuat dan mendukung terwujudnya hifdz an-nasl. Jika ditinjau dari ketetapan hukumnya, belum ada aturan hukum yang mengatur tentang kewajiban mengikuti kursus pranikah, sehingga pelaksanaa program kursus pranikah masih bersifat anjuran bukan kewajiban. Ditinjau dari keharmonisan keluarga, bahwa kehadiran kursus pranikah sangat berpengaruh. Para pasangan mendapatkan ilmu dan pengetehauan saat mengikuti kursus pranikah yang memang dibutuhkan dalam kehidupan berkeluarga. Ilmu dan pengetahuan yang dapat diterapkan seperti saling menyayangi, saling pengertian, saling mempercayai, mempunyai waktu bersama dengan keluarga, saling memaafkan, melaksanakan tugas dan kewajiban, komunikasi dan selalu berlandaskan kepada ajaran agama. Keyword: Pelaksanaan, Kursus Pranikah, dan Keluarga Harmonis. viiABSTRAK Domestic harmony departs from the existence of several aspects that are maintained in the family, such as the creation of affection between families and mutual understanding among family members. The number of cases that cause families to divorce are caused by disharmony in the household. The Ministry of Religion views this as very concerning, for this reason the Ministry of Religion makes a decision to hold a prenuptial course with the aim that someone who is going to get married gets provisions from the prenuptial course. The formulation of the problem in this study is how the implementation of the Decree of the Director General of Islamic Community Guidance (BIMAS Islam) Number DJ.II / 542 of 2013 concerning Prenuptial Courses at the Office of the Ministry of Religion, Bandar Lampung City; What is the relevance of taking a Prenuptial Course to household harmony. The objectives of this research are; to analyze the implementation of the Decision of the Director General of Islamic Community Guidance Number DJ.II / 542 of 2013 concerning Prenuptial Courses at the Office of the Ministry of Religion, Bandar Lampung City; to find out the relevance of taking the Prenuptial Course to household harmony. This research is a type of field research (Field Research). This research is descriptive analytical. The primary data is using data collected from a sample of respondents from the Ministry of Religion of Bandar Lampung City and a sample of husband and wife couples using the theory of legal compliance, harmony theory and sakinah theory. Then the authors make data analysis with qualitative analysis. The results of this study are the implementation of the Decree of the Director General of Guidance of the Islamic Community Number DJ.II / 542 of 2013 concerning the pre-marriage course is quite effective by fulfilling the existing procedures, the prospective bride and groom get a book and certificate. as well as a provision for couples to reduce family disputes, divorce and conflicts, so that they become provisions for being a peaceful, prosperous, safe, peaceful family and truly realizing a harmonious family. The pre-marriage course has a positive relevance to household harmony, and the benefits of various knowledge are greatly felt. Judging from the theory of maqāṣid asy-syarīʿah, the premarital course is very urgent because it contains positive values (maslahah) and is al- maqāssid attabi'ah for a marriage that strengthens and supports the realization of hifdz an-nasl. If viewed from the legal provisions, there is no legal rule that regulates the obligation to take pre-marital courses, so the implementation of the pre-marital course program is still a recommendation, not an obligation. In terms of family harmony, the presence of a pre-marriage course is very influential. Couples gain knowledge and knowledge when they take pre-marital courses which are really needed in family life. Knowledge and knowledge that can be applied such as loving each other, mutual understanding, mutual trust, having time together with family, forgiving each other, carrying out duties and obligations, communication and always based on religious teachings. Keyword : Implementation, Pre-Marriage Course, and Harmonious Family.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Syariah dan Hukum Keluarga
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2021 03:01
Last Modified: 25 Jun 2021 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14869

Actions (login required)

View Item View Item