PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN UPAH MINIMUM TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI LAMPUNG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PERIODE 2014-2018

Pera Anggraini, Anggraini (2021) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN UPAH MINIMUM TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI LAMPUNG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PERIODE 2014-2018. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kemiskinan merupakan masalah yang sangat kompleks terjadi di masyarakat sekitar. Kemiskinan menjadi permasalahan utama yang harus segera dituntaskan oleh semua pihak termasuk khususnya pemerintah yang berwenang. Berdasarkan data statistik selama kurun waktu lima tahun sejak 2014 – 2018 tingkat Kemiskinan di Provinsi Lampung bersifat dinamis. Berangkat dari hal tersebut diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh tingkat penndidikan dan upah minimum terhadap kemiskinan di Provinsi Lampung secara parsial dan simultan? Serta bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang kemiskinan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan upah minimum terhadap tingkat kemiskinan secara parsial dan simultan di Provinsi Lampung serta untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap kemiskinan. Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian dokumentasi atau studi pustaka (Library Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan data panel. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh hasil bahwa: variabel pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kemiskinan dengan nilai koefisien 0.021981, nilai t-statistik sebesar 0.052685 dengan nilai probabilitas sebesar 0.0428 (< 5%), pengaruh upah minimum berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi lampung dengan nilai koefisien variabel sebesar 0.062153 dengan nilai t statistik sebesar 0.204403 dan nilai probabilitasnya sebesar 0.0398 (<5%). Secara simultan tingkat pendidikan dan upah minimum secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan. Menurut perspektif Islam, Kemiskinan dibagi dua yaitu kemiskinan finansial dan kemiskinan hati. Masyarakat cenderung mengartikan kemiskinan secara finansial saja tanpa memikirkan bahwa sifat iri, dengki, sombong merupakan tanda-tanda kemiskinan secara rohani. Gerakan pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat serta lembaga terkait juga terfokus pada pengentasan kemiskinan finansial, karena kemiskinan secara finansial cenderung menjadi faktor pendorong adanya kemiskinan hati Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Upah Minimum, Tingkat Kemiskinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:55
Last Modified: 25 Jun 2021 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14868

Actions (login required)

View Item View Item