PENERAPAN ALAT MUSIK GAMOLAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

SETA, FEBRIYANTI (2021) PENERAPAN ALAT MUSIK GAMOLAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Seta Febriyanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rangsangan pendidikan yang diberikan kepada anak harus tepat dan sesuai agar dapat tercapai perkembangan yang optimal. Adapun aspek-aspek perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan ada enam yaitu, kognitif, bahasa, fisik motoric, moral agama, sosial emosional, dan seni. Perkembangan sosial emosional adalah kepekaan anak untuk memahami perasaan orang lain, interaksi antara sesama orang tua ataupun teman sebaya. Salah satu indicator Perkembangan sosial emosional yaitu rasa percaya diri, pada hakikatnya setiap anak mempunyai rasa percaya diri, namun rasa percaya diri itu berbeda antara anak yang satu dengan anak yang lain. Ada yang memiliki rasa percaya diri kurang dan ada juga yang memiliki rasa percaya diri yang lebih. Anak yang memiliki rasa percaya diri yang kurang, ia akan menunjukan perilaku yang berbeda dengan anak yang memiliki rasa percaya diri lebih, selalu ragu dalam menjalankan tugas, tidak berani berbicara banyak. Rasa percaya diri bisa dibangun dan dikembangkan secara positif dan objektif sejak usia dini. Dari kegiataan peneliti dalam observasi dan wawancara dikelas B1 tentang perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di Tk Aisyiyah 1 Labuhan Ratu. Hasil wawancara yaitu guru mengatakan bahwa musik dapat membawa pengaruh untuk perkembangan sosial emosional anak- anak salah satunya yaitu untuk menumbuhkan rasa percaya diri didalam diri anak. Berdasarkan hasil observasi yang peniliti lakukan selama kegiataan prapenelitian, bahwa masih sebagian anak dikelas B1 perkembangan sosial emosional belum sepenuhnya berkembang. Hal ini ditandai dengan anak- anak masih merasa malu dan tidak percaya diri untuk tampil didepan guru dan teman-teman, dan juga rasa antusiasme dalam kegiataan bernyanyi masih belum sepenuhnya muncul. Yaitu dengan ditandai dengan anak-anak yang banyak diam ketika kegiataan bernyanyi berlangsung didalam kelas. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, maka peneliti menyimpulkan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah Penerapan Alat Musik Gamolan dapat Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia dini 4-5 Tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial Emosional anak usia dini dikelas B1 selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di Tk Aisyiyah 1 labuhan ratu bandar lampung. Jenis metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data di dapat melalui observasi dan melalui 4 tahap dalam satu siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Jumlah peserta didik yang diteliti yaitu terdapat 14 peserta didik dalam satu kelas. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan dua siklus dengan diadakannya tiga kali pertemuan dalam satu siklusnya. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti dapat memperoleh hasil data yaitu, pada siklus satu perkembangan sosial emosional pada peserta didik memperoleh rata-rata keberhasilan 64% dalam kategori cukup. Pada siklus dua perkembangan sosial emosional peserta didik mengalami peningkatan yaitu memperoleh rata-rata keberhasilan 78% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan ada nya perkembangan sosial emosional di kelas BI Tk Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung dengan melalui kegiataan bermain alat musik gamolan. Kata Kunci : Alat Musik Gamolan, Perkembangan Sosial Emosionaliii ABSTRACK Educational stimulation given to children must be appropriate and appropriate in order to achieve optimal development. There are six aspects of early childhood development that must be developed, namely, cognitive, language, physical motoric, religious moral, social emotional, and art. Emotional social development is a child's sensitivity to understand the feelings of others, interactions between fellow parents or peers. One indicator of emotional social development is self- confidence, in essence every child has a sense of self-confidence, but self-confidence is different from one child to another. Some have less self-confidence and some have more self-confidence. Children who have less self-confidence will show different behavior with children who have more self-confidence, always hesitate in carrying out their duties, do not dare to talk much. Self- confidence can be built and developed positively and objectively from an early age. From the activities of researchers in observations and interviews in class B1 about the social emotional development of children aged 4-5 years at Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Kindergarten. The results of the interview, the teacher said that music can have an influence on children's social emotional development, one of which is to foster self-confidence in children. Based on the observations made by the researchers during the pre-research activities, there are still some children in class B1 whose social-emotional development has not yet fully developed. This is indicated by the children still feeling shy and not confident to appear in front of the teacher and friends, and also the enthusiasm for singing activities has not yet fully emerged. That is marked by children who are silent a lot when singing activities take place in the classroom. Based on these problems, the researchers concluded that the formulation of the problem in this study is whether the application of Gamolan musical instruments can improve the social development of early childhood 4-5 years. This study aims to determine the emotional social development of early childhood in class B1 during the learning process. This research was conducted at Tk Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. The type of research method carried out by the researcher is the type of classroom action research. Data collection techniques can be obtained through observation and through 4 stages in one cycle, namely planning, implementation, observation, and reflection. The number of students studied were 14 students in one class. This research was carried out using two cycles with three meetings in one cycle. Based on this research, researchers can obtain data results, namely, in the first cycle of social emotional development, students get an average success of 64% in the sufficient category. In the second cycle of social emotional development of students experienced an increase, namely obtaining an average success of 78% with very good category. Based on the results of this study, it can be concluded that there is social emotional development in the BI class of Tk Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung by playing the gamelan musical instrument. Keywords: Gamolan Musical Instrument, Social Emotional Development

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2021 02:41
Last Modified: 24 Jun 2021 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14850

Actions (login required)

View Item View Item