PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

Rina, Widya Ningrum (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI RINA WIDYA NINGRUM .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS Oleh Rina Widya Ningrum Kemampuan Pemecahan Masalah merupakan bagian terpenting dalam ilmu matematika dan terdapat pada tujuan pembelajaran matematika. Ada beberapa penelitian yang menyatakan kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik disebabkan adanya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal serta hanya beberapa dari peserta didik yang mengajukan pertanyaan atau mengemukakan ide dalam pengerjaan soal dan proses pembelajaran yang membuat para peserta didik menjadi pasif. Penerapan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) diharapkan mampu memperbaiki permasalahan tersebut. Keterbatasan bahan ajar juga merupakan aspek rendahnya minat belajar peserta didik, sehingga bahan ajar gamifikasi diharapkan mampu memberikan minat belajar peserta didik menjadi tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematis antara murid yang menggunakan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) menggunakan bahan ajar gamifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan pada penelitian ini ialah eksperimen semu (Quasi Experimental). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. Al-Ishlah Sukadamai Natar, sampel yang saya gunakan adalah 3 kelas yaitu kelas kelas eksperimen 1 pada kelas VIII A, kelas eksperimen 2 pada kelas VIII B, dan kelas kontrol pada kelas VIII C. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji ANAVA satu jalan dengan sel sama, dengan taraf signifikan 0,05 atau 5%. Adapun hasil perhitungan, setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji ANAVA diperoleh sebesar 17,844. Jika nilai sebesar 2,709 maka dapat disimpulkan bahwa . Sehingga dalam perhitungan ditolak dan diterima, yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) menggunakan bahan ajar gamifikasi terhdapat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:32
Last Modified: 23 Jun 2021 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14844

Actions (login required)

View Item View Item