MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITAMELALUI BONEKA TANGAN USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI PAKUAN RATU WAY KANAN

RIA, SUSANTI (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITAMELALUI BONEKA TANGAN USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI PAKUAN RATU WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  RIAA Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Belum optimalnya kemampuan bercerita anak dikarenakan masih sedikitnya guru memberikan kesempatan untuk anak mengungkapkan maksud (ide, pikiran, gagasan, dan perasaan) melalui komunikasi lisan, Metode pembelajaran masih kurang bervariasi sehingga anak cepat merasa jenuh atau bosan mengikuti pembelajaran, Anak hanya diminta untuk mendengarkan apa yang telah diucapkan guru, diam di tempat dan mengerjakan tugas apabila diperintah. Dalam pelaksanaan bercerita tentunya menggunakan berbagai media untuk menunjang tercapaina cerita tersebut kepada anak-anak. Media yang dipakai untuk metode bercerita salah satunya yaitu boneka tangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak di Tk Pertiwi Pakuan Ratu Way Kanan. Boneka tangan merupakan tiruan benda yang berbentuk manusia dan binatang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru dan 19 orang anak, alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasannya pada bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun di di Tk Pertiwi Pakuan Ratu Way Kanan sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan langkah-langkahnya, yaitu pertama guru mempersiapkan ruangan dan perlengkapan media boneka tangan, guru melakukan apersepsi dan memotivasi anak dengan mengadakan tanya jawab, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, guru menyampaikan aturan permaiann dan penjelasan mengenai materi, pembentukan anak dalam bentuk kelompok, guru memberi contoh menggunakan boneka tangan, anak memperhatikan dan kemudian mencoba bercerita dengan menggunakan boneka tangan sesuai keinginannya sendiri, guru mengamati sambil memberi penilaian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan boneka tangan sudah diterapkan sesuai dengan langkah-langkah yang dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak secara optimal, efektif dan efisien. Kata Kunci : Boneka Tangan, Kemampuan Bercerita, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:03
Last Modified: 23 Jun 2021 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14837

Actions (login required)

View Item View Item