KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF DR. MARIA MONTESSORI

KIKI, OKTAVIANTI (2021) KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF DR. MARIA MONTESSORI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SRIPSI KIKI OKTAVIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK dilatar ini belakangi Penelitian dengan beragamnyapandanganmengenaikonsep pendidikan anakusia dini menjadi amat urgent,apabila dihubungkan dengan kondisi pendidikananakdi Indonesia saat ini. namun tidak sedikit pendidik yang belum memahami keberadaan dan cara mengaplikasikan kepada anakusia dini, oleh sebab itu perlu untuk mengkaji pandangan para ahli pendidikan seperti Maria Montessori. Beliaumerupakan tokoh dari barat yang amat memperhatikan semua aspek pendidikan anak hingga peran serta buah pikiran nya sudah mewarnai corak PAUD di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan anak usia dini dalam perspektif Maria Montessori. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi.Sumber data primer (pokok) dalam penelitian ini diperoleh dari karya Maria Montessori dalam bukunya ―Metode Montessori (Panduan Wajib untuk guru dan orang tua didik PAUD)‖ dan ―Dr Montessori’s Own Book‖.Adapun sumber data sekunder yaitu sumber data berupa buku atau karya lainnya yang mendukung sumber data primer yang berkaitan dengan objek penelitian.Selanjutnya, data yang sudah diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan Analisis isi (Content analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa Maria Montessori mengilustrasikan anak usia dini sebagai insan yang mempunyai daya tangkap informasi tinggi yang disebut dengan absorbent mind. Maknanya, anak mempunyai daya tangkap yang tinggi terhadap informasi dari lingkungannya yang bisa di umpamakan sebagai daya tangkap kertas tisu terhadap air.Tidak ada gading yang tak retak, begitupun dengan konsep Montessori yang mempunyai kekurangan dan kelebihan yakni Pendidikan Montessori lebih menekankankebebasan maknanya bebas dari tuntutan; anak diberikan kebebasan untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan kecepatan dan perkembangan mereka sendiri. Mereka tidak dipaksabisa mencapai sesuatu yang disamakan dengan orang lain. Kekurangannya dalam pendidikan Montessori tidak mengimplementasikan pemberian hadiah dan hukumansebab menurutnya pendidikan itu bebas dari persaingan.Hingga dalam pendidikan Montessori tidak ada persaingan, hadiahataupun hukuman dalam prosesnya Kesuksesan anak tidak dinilai menurut sudut pandang orang dewasa, seperti melalui nilai, ataupun perolehan tanda bintang.Motivasi instrinsik merekalah yang mendorong mereka untuk melaksanakan aktifitas terbaik mereka, bukan hadiahataupun hukuman. Kata Kunci:Maria Montessori; Konsep; Pendidikan Anak Usia Dini. iiiABSTRACT This research is motivated by various views on the concept of early childhood education to be very urgent, when associated with the current condition of children's education in Indonesia. but not a few educators who do not understand the existence and how to apply it to early childhood, therefore it is necessary to examine the views of education experts such as Maria Montessori. He is a figure from the west who is very concerned about all aspects of children's education so that the participation of his thoughts has colored the pattern of early childhood education around the world. This study aims to determine the concept of early childhood education in the perspective of Maria Montessori. This study uses a qualitative approach with the type of library research research. The data collection technique in this study uses documentation techniques. The primary data source (principal) in this study was obtained from the work of Maria Montessori in her book "The Montessori Method (Compulsory Guide for Teachers and parents of early childhood education)‖ and ―Dr. Montessori's Own Book‖. The secondary data sources are data sources in the form of books or other works that support primary data sources related to the object of research. Furthermore, the data that has been obtained are then analyzed using content analysis. (Content analysis). The results of the study show that Maria Montessori illustrates early childhood as a human being who has a high ability to capture information which is called the absorbent mind. This means that children have a high grasping power of information from their environment which can be likened to the ability of tissue paper to catch water. There is no ivory that is not cracked, as well as the Montessori concept which has advantages and disadvantages, namely Montessori education emphasizes freedom, meaning free from demands; Children are given the freedom to grow and develop at their own pace and development. They are not forced to achieve something in common with others. The drawback in Montessori education does not implement reward and punishment because according to him education is free from competition. Until in Montessori education there is no competition, reward or punishment in the process Children's success is not judged from the point of view of adults, such as through grades, or the acquisition of stars. Intrinsic motivation it is they who encourage them to carry out their best activities, not rewards or punishments. Keywords : Maria Montessori; Concept; Early Childhood Education Programs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:43
Last Modified: 23 Jun 2021 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14831

Actions (login required)

View Item View Item