PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II DI SD IT TUNAS INSAN CENDEKIA TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN

Murni, Dhuhaini (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II DI SD IT TUNAS INSAN CENDEKIA TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangin belum optimalnya keterampilan menulis permulaan yang diperoleh peserta didik kelas II di SD IT Tunas Insan Cendekia Tanjung Bintang Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis permulaan peserta didik kelas II di SD IT Tunas Insan Cendekia Tanjung Bintang Lampung Selatan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta didik dalam meningkatkan kerjasama antar peserta didik, berpikir kritis, meningkatkan motivasi, meningkatkan daya tarik, dan menjadikan peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SD IT Tunas Insan Cendekia Tanjung Bintang Lampung Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas II B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Untuk mengukur hasil keterampilan menulis permulaan peserta didik dilakukan tes dengan soal uraian berjumlah 5 butir soal. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Dependent Sample t – Test atau Paired sample t – Tes dengan taraf 5% diperoleh Sig. (2- tailed) sebesar 0,00 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika Sig. < 0,05 (0,00 < 0,05) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis permulaan peserta didik kelas II di SD IT Tunas Insan Cendekia Tanjung Bintang Lampung Selatan. Kata Kunci : Model Pembelajaran picture and picture dan keterampilan menulis permulaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:15
Last Modified: 23 Jun 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14820

Actions (login required)

View Item View Item