TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG AKAD BROKERAGE PARALEL DALAM JUAL BELI RUMAH (Studi di Perumahan Mutiara HKS Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan)

TIARA, LORENZA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG AKAD BROKERAGE PARALEL DALAM JUAL BELI RUMAH (Studi di Perumahan Mutiara HKS Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI TIARA munaq.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hukum Islam mengatur kehidupan manusia secara menyeluruh, mencakup segala macam aspeknya. Hubungan dengan Allah diatur dalam bidang ibadat dan hubungan manusia dengan sesamanya diatur dalam bidang muamalah. Jual beli dalam Islam adalah suatu yang diisyaratkan berdasarkan Al-Qur‟an, Sunnah, dan Ijma, hukumnya adalah mubah akan tetapi kadang menjadi wajib ketika dalam situasi membutuhkan makanan dan minuman untuk menjaga diri, bisa juga makruh seperti membeli dan mubah pada hal selain tadi. Islam mensyari‟atkanm jual beli dengan wakil karena membutuhkannya. Berdasarka penjabaran di atas rumusan masalah dalam skripsi ini adalah. Pertama, bagaimana pelaksanaan akad Brokerage Paralel dalam jual beli rumah pada perumahan Mutiara HKS Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan? Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pelaksanaan akad Brokerage Paralel dalam jual beli rumah pada perumahan Mutiara HKS Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan akad Brokerage Paralel dalam jual beli rumah pada perumahan Mutiara HKS Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan serta bagaimana jika di tinjau melalui hukum Islam. Metode penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang ada di tempat penelitian. Sumber data yang di gunakan dengan menggunakan data primer yaitu data yang didapat langsung dari Develover perumahan Mutiara HKS, Marketing dan orang yang menempati perumahan tersebut dan data sekunder, yaitu data yang di dapat dari buku-buku dan dokumen-dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini terkait pelaksanaan akad Brokerage Paralel dalam jual beli rumah pada perumahan Mutiara HKS Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan, Pelaksanaan akad brokarage paralel dalam jual beli rumah di Perumahan Mutiara HKS yang terletak di Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan dimulai dari pihak developer mendirikan suatu perumahan di atas iitanah miliknya. Kemudian pihak marketing menawarkan perumahan yang telah dibangun tersebut kepada konsumen. Setelah pihak marketing melakukan pemasaran dan terdapat konsumen yang tertarik ingin membeli salah satu rumah di Perumahan Mutiara HKS yang terletak di Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan, konsumen tersebut diarahkan kepada pihak agency untuk menghubungkan konsumen dengan developer, selanjutnya untuk komisi brokerage yaitu setelah konsumen tersebut membayar uang muka kepada pihak agency untuk pembelian perumahan tersebut. Praktek jual beli perumahan melalui jasa Brokerage sesuai dengan ketentuan hukum Islam karena adanya suka rela dan kerelaan antara Brokerage dan penjual serta penjual dan pembeli. Kata Kunci : Hukum Islam – Akad – Brokerage – Jual Bel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 02:46
Last Modified: 23 Jun 2021 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

View Item View Item