Gaya Mengajar Guru PAI di Madrasah Aliyah Islamiyah Mathla’ul Anwar Cintamulya Candipuro Lampung Selatan

DEWI, KRISNA NINGSIH (2021) Gaya Mengajar Guru PAI di Madrasah Aliyah Islamiyah Mathla’ul Anwar Cintamulya Candipuro Lampung Selatan. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Mengamati fenomena empirik yang ada pada saat ini, maka penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru PAI belum sepenuhnya maksimal. Karena suasana pembelajaran yang menyenangkan akan berdampak pada pemahaman peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Selain itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait gaya mengajar guru PAI di Mathla‟ul Anwar Cintamulya, Candipuro, Lampung Selatan. Pada penelitian ini, peneliti merumuskan bagaimana gaya mengajar guru PAI dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Islamiyah Mathla‟ul Anwar Cintamulya Candipuro Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif, dengan mengambil latar belakang MAI Mathla‟ul Anwar Cintamulya, Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data dengan cara mereduksi data, men-display data, dan conclusion atau menarik kesimpulan. Sedangkan, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil menunjukkan bahwa pada gaya mengajar guru PAI dalam proses pembelajaran di MAI Mathla‟ul Anwar adalah sebagai berikut: (1) proses KBM dilaksanakan di lokal kelas dengan metode pembelajaran yang bervariasi. (2) gaya mengajar guru PAI sudah terlihat seperti: penampilan, posisi mengajar, cara guru menarik perhatian, cara guru memberikan kesempatan bertanya, mengutarakan pendapat, memberikan hadiah, pujian, hukuman dan teguran pada saat pembelajaran (3) keempat guru PAI mengetahui secara praktis tentang keterampilan mengajar guru. (4) keempat guru PAI dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok gaya mengajar yakni, tiga guru gaya mengajar klasik dan satu guru gaya mengajar interaksional. Faktor pendukung gaya mengajar guru PAI di madrasah tersebut adalah sebagai berikut: (1) faktor kesiapan guru, (2) faktor pengalaman mengajar dan lamanya pengalaman mengajar, (3) faktor kesiapan peserta didik, (4) faktor fasilitas pembelajaran, dan (5) faktor letak madrasah yang strategis. Sedangkan, faktor penghambat gaya mengajar guru PAI di madrasah tersebut adalah sebagai berikut: (1) faktor penyesuaian jam pelajaran, (2) faktor perbedaan individu peserta didik, (3) faktor kesulitan guru dalam memilih metode dan strategi, dan (4) faktor kurangnya penguasaan media pembelajaran. Kata Kunci: Gaya Mengajar, Guru Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:57
Last Modified: 22 Jun 2021 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14803

Actions (login required)

View Item View Item