PELAYANAN RUMAH SAKIT ISLAM ASY-SYIFAA DALAM MENINGKATKAN MINAT BEROBAT KEMBALI PADA MASYARAKAT DI LAMPUNG TENGAH

Aknes, Sagita (2021) PELAYANAN RUMAH SAKIT ISLAM ASY-SYIFAA DALAM MENINGKATKAN MINAT BEROBAT KEMBALI PADA MASYARAKAT DI LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AKNES SAGITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PELAYANAN RUMAH SAKIT ISLAM ASY-SYIFAA DALAM MENINGKATKAN MINAT BEROBAT KEMBALI PADA MASYARAKAT DI LAMPUNG TENGAH Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pelayanan rumah sakit islam asy-syifaa dalam meningkatkan minat berobat kembali pada masyarakat di lampung tengah. Penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara (interview), sedangkan observasi dan dokumentasi adalah sebagai metode penunjang untuk menyempurnakan hasil wawancara (interview). Populasi penelitian ini adalah direktur rumah sakit, tenaga medis, dan staff rumah sakit islam asy-syifaa bandar jaya lampung tengah, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Non Random Sampling yang artinya tidak semua individu dalam populasi ini diberikan peluang sama untuk ditugaskan menjadi anggota sampel ini penulis menggunakan jenis Purposif Sampling, yaitu metode penelitian yang berdasarkan pada ciri-ciri yang ada dalam populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan pelayanan rumah sakit islam asy-syifaa dalam meningkatkan minat berobat kembali pada masyarakat di lampung tengah adalah rumah sakit islam asy-syifaa memiliki beberapa cara atau strategi yaitu pihak rumah sakit islam asy-syifaa memberikan gift-gift kepada pasien ibu melahirkan berupa perlengkapan bayi dan akte kelahiran si bayi, menjalin komunikasi dengan pasien dengan menghubungi cara pasien, memberikan jasa ambulance gratis, dan memberikan roti dan minum setiap hari jum’at kepada pasien dan keluarga pasien. Namun dari semua strategi yang sudah dilakukan belum bisa dikatakan maksimal dikarenakan rumah sakit islam asy-syifaa memiliki beberapa kendala yang kaitannya dengan pelayanan yang mana hal tersebut dapat berpengaruh kepada minat pasien untuk berobat kembali ke rumah sakit islam asy-syifaa, yaitu: bangunan rumah sakit yang sudah tua dan belum direnovasi, ketidaklengkapannya sarana prasarana, dan ketidaklengkapannya alat-alat medis. Kata Kunci: Pelayanan, rumah sakit, dan minat berobat. iiiABSTRACT PELAYANAN RUMAH SAKIT ISLAM ASY-SYIFAA DALAM MENINGKATKAN MINAT BEROBAT KEMBALI PADA MASYARAKAT DI LAMPUNG TENGAH This study aims to describe the services of the Asy-Syifaa Islamic hospital in increasing the interest in seeking treatment again in the community in Lampung Tengah. Research conducted by the author is a field research (Field Research). The approach used for this research is a qualitative approach. The techniques used to collect data are interviews, while observation and documentation are supporting methods for perfecting the results of the interview. The population of this study were hospital directors, medical personnel, and staff of the Islamic Hospital Asy- Syifaa Bandar Jaya Lampung Tengah, while the sampling in this study was using the Non Random Sampling technique, which means that not all individuals in this population are given the same opportunity to be assigned to be In this sample, the writer uses purposive sampling type, which is a research method based on the characteristics that exist in a previously known population. The results of this study indicate that the service of the Ash-Syifaa Islamic Hospital in increasing the interest in seeking treatment again in the community in Central Lampung is that the Ash- Syifaa Islamic Hospital has several ways or strategies, namely the Ash-Syifaa Islamic Hospital provides gifts to maternal patients. in the form of baby equipment and the baby's birth certificate, communicating with patients by contacting the patient, providing free ambulance services, and providing bread and drinks every Friday to the patient and the patient's family. However, of all the strategies that have been carried out, it cannot be said to be maximal because the Asy-Syifaa Islamic Hospital has several obstacles related to services, which can affect the patient's interest in seeking treatment again at the Ash-Syifaa Islamic Hospital, namely: the hospital building. which are old and have not been renovated, the incompleteness of the infrastructure, and the incomplete medical equipment. Keywords: Service, hospital, and interest in treatment

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:49
Last Modified: 22 Jun 2021 04:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14796

Actions (login required)

View Item View Item