PENGARUH PEMEKARAN DESA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (STUDI Desa Watuagung Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah)

INDAH, AYU LESTARI (2021) PENGARUH PEMEKARAN DESA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (STUDI Desa Watuagung Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMEKARAN DESA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Desa Watuagung Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah) Oleh INDAH AYU LESTARI Pemekaran Desa merupakan suatu proses pembangunan wilayah menjadi lebih dari satu wilayah dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan dan pemerataan pembangunanan dalam suatu daerah baru. Kualitas pelayanan publik bergantung pada dua pihak birokrasi (pelayan) dan masyarakat (yang dilayani dan perlu diperhatikan pada dua aspek pokok yaitu aspek proses internal organisasi birokrasi (pelayan) dan aspek eksternal yaitu kemanfaatan yang dirasakan oleh masyarakat (pelanggan). Upaya pemekaran desa dipandang sebagai cara cepat untuk proses pelayanan dan pemerataan pembangunan dalam realitanya di Desa Watuagung setelah adanya pemekaran desa pelayanan yang terjadi masih kurang optimal dalam pelayanan pembayaran administrasi misalnya biaya yang dibayar berbeda-beda setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pemekaran desa terhadap kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan proses pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Pada proses penelitian ini peneliti menggunakan teori Arikunto yang menyatakan hasil pengolahan dan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Penelitian ini dilakukan di Desa Watuagung Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemekaran Desa Watuagung memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan publik dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil rxy = 0,934 dengan signifikansi = 0,000 yang menunjukan Sig. < 0,05 yang berarti signifikansi atau memiliki pengaruh positifatau linier antara variable pemekaran desa dengan variable kualitas pelayanan publik.Pemekaran desa ini dipengaruhi oleh peningkatan pelayan peningkatan pelayanan administrasi dan kegiatan kemasyarakatan terhadap jaminan aparatur desa memiliki pengetahuan dan kesopanan yang dapat menumbuhkan kepercayaan pada masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:13
Last Modified: 22 Jun 2021 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14785

Actions (login required)

View Item View Item