UJI TOTAL PLATE COUNT (TPC) PADA BEBERAPA BAHAN PANGAN HEWANI DENGAN PEMBERIAN ANTIMIKROBA PERASAN BUAH BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.)

AYU, IRMA FITRIANI (2021) UJI TOTAL PLATE COUNT (TPC) PADA BEBERAPA BAHAN PANGAN HEWANI DENGAN PEMBERIAN ANTIMIKROBA PERASAN BUAH BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN BAB 2 DAPUS docx.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Draft Skripsi_AYU IRMA FULL KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ikan tuna merupakan produk perikanan yang mengandung protein tinggi dan lemak yang rendah. Daging ayam broiler merupakan produk hasil teknologi dari peternakan unggas yang dapat dipotong pada usia relatif muda, memiliki kandungan protein yang tinggi mencapai 22,92% per 100 gram. Kandungan nutrisi yang tinggi tersebut menyebabkan ikan tuna dan daging ayam broiler dalam kondisi mentah menjadi media yang sesuai bagi pertumbuhan mikroba. Antimikroba alami yang berasal dari tumbuhan seperti perasan buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) dapat digunakan sebagai alternatif solusi untuk menekan pertumbuhan mikroba dan menjaga keamanan pangan, terutama di masa Pandemi ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian perasan buah belimbing wuluh terhadap total bakteri pada daging ikan tuna dan ayam broiler. Desain penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif, Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat taraf perlakuan berdasarkan lama waktu penyimpanan sampel sesudah diberi perasan buah belimbing wuluh 2 jam, 4 jam dan 6 jam, dan sampel kontrol T0 dan A0 sebelum diberi perasan buah belimbing wuluh maupun tahap penyimpanan, dengan pengulangan sebanyak tiga kali. Analisis menggunakan uji one way ANOVA dan uji lanjut LSD (Least Significance Different). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perasan buah belimbing wuluh terbukti berpengaruh dengan menurunkan jumlah total bakteri pada ikan tuna dan daging ayam broiler. Kata kunci: Averrhoa bilimbi L., lama penyimpanan, perasan buah, total bakteri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:03
Last Modified: 22 Jun 2021 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item View Item