PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN ETOS KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG

RESTI, NOVIYANTI (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN ETOS KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN ETOS KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) SE-KOTA BANDAR LAMPUNG ABSTRAK Kinerja guru sebagai kondisi yang berhubungan dengan seberapa jauh pihak tenaga pendidik memberikan pembelajaran yang sesuai dengan harapan. Kepemimpinan kepala madrasah dan etos kerja guru yang baik menciptakan kinerja memberikan dalam akan prima guru yang pembelajaran. aspek pada permasalah ada masih tetapi, Akan kepemimpinan dan etos kerja di MTsN se-Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya: (1) pengaruh positif kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MTsN se- Kota Bandar Lampung. (2) pengaruh positif etos kerja guru terhadap kinerja guru MTsN se-Kota Bandar Lampung. (3) pengaruh positif secara bersama- sama dari kepemimpinan kepala madrasah dan etos kerja guru terhadap kinerja guru MTsN se-Kota Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisa deskriptif berbantukan SPSS For Windows 22. Data dari masing-masing variabel dikumpulkan secara terpisah melalui mengisi kuesioner yang disusun. Sampel dalam penelitian ini adalah 53 tenaga pendidik yang ditentukan secara acak (random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja Hal ini guru. membuktikan bahwa peningkatan kepemimpinan kepala madrasah dapat meningkatkan kinerja guru. Kedua, terdapat pengaruh positif etos kerja guru terhadap kinerja guru. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan etos kerja guru dapat meningkatkan kinerja guru. Ketiga, pengaruh positif secara bersama-sama kepemimpinan kepala madrasah dan etos kerja guru terhadap kinerja guru. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan kepemimpinan kepala madrasah dan etos kerja guru dapat meningkatkan kinerja guru. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala madrasah dan etos kerja guru terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) se- Kota Bandar Lampung. Hal ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kinerja guru harus senantiasa memperhatikan kedua elemen tersebut. Dengan kata lain bahwa kinerja guru dapat ditingkatkan seiring dengan peningkatan kualitas kepemimpinan kepala madrasah dan etos kerja guru. Kata kunci: kepemimpinan kepala madrsah, etos kerja guru, kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:22
Last Modified: 22 Jun 2021 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14778

Actions (login required)

View Item View Item