PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTU ANIMASI MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN KAMPUNG BARU WAY KANAN

EGA, NIFIA RANANDA (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTU ANIMASI MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN KAMPUNG BARU WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar matematika adalah kemampuan yang didapat peserta didik dengan cara mengukur kemampuan pengetahuan peserta didik. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik si SDN Kampung Baru Way Kanan masih rendah, hal ini disebabkan kurang bervariasinya model pembelajaran. Maka peneliti ingin mengetahui apakah apakah ada pengaruh hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem solving berbantu animasi multimedia terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDN Kampung Baru Way Kanan.Metode penelitian adalah Kuantitatif Eksperimen dan jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V B sebagai kelas eksperimen dan V C sebagai kelas kontrol, yang kemudian dilakukan uji instrument diuji coba pada kelas V A dan dihitung validitas, tingkat kesukaran, dan realibilitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t , sebelum dilakukan uji t data diuji prasyarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan normalitas, homogenitas dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf 5% diperoleh thitung = 2,768 >1,996 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat model pembelajaran problem solving berbantu animasi multimedia terhadap hasil belajar matematika lebih baik dari pada peserta didik diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction di kelas V SDN Kampung Baru Way Kanan. Dan berdasarkan uji N-Gain didapat nilai rata-rata sebesar 0,349 sehingga tingkat keberhasilan peserta didik setelah belajar mengajar dikategorikan pada tingkat sedang. Kata kunci:Model Pembelajaran Problem Solving, Animasi Multimedia, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 02:43
Last Modified: 22 Jun 2021 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14776

Actions (login required)

View Item View Item