MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH BAITUL KIROM DI DESA MULYOSARI KECAMATAN TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Anwar, Nur Hidayat (2021) MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH BAITUL KIROM DI DESA MULYOSARI KECAMATAN TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ANWAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen kewirausahaan merupakan salah satu proses memampukan dan memandirikan sumber daya yang ada guna membangun serta menentukan tindakan berdasarkan keinginan mereka secara mandiri dengan mengubah pola pikir agar menjadi berani dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan permasalahan hidup dengan kekuatan yang ada pada diri mereka. Salah satu Pondok Pesantren yang berperan dalam hal ini adalah Pondok Pesantren Salafiyah Baitul Kirom Desa Mulyosari Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Pondok Pesantren tersebut merupakan Pondok Pesantren salafi dan modern yang mengabungkan antara kegiatan pendidik berbasis salafi dengan mempelajari kitab-kitab kuning dengan pendidikan formal yang mempelajari ilmu umum. Pokok permasalahan peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen kewirausahaan bidang budidaya jamur tiram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kewirausahaan budidaya jamur tiram yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Salafiyah Baitul Kirom. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang meneliti manajemen kewirausahaan pada budidaya jamur tiram. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi untuk mengumpulkan data. Wawancara dilakukan kepada pengasuh Pondok Pesantren, pengurus Pondok Pesantren dan pada santri yang mengikuti kegiatan kewirausahaan di Pondok Pesantren Salafiyah Baitul Kirom. Dokumentasi digunakan sebagai pelengkap guna memperoleh data sebagai bahan informasi yang berupa data-data terkait dengan kegiatan kewirausahaan di Pondok Pesantren Salafiyah Baitul Kirom. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fungsi manajemen yang berpengaruh terhadap perkembangan santri di Pondok Pesantren Salafiyah Baitul Kirom dalam berwirausaha. Dalam manajemen kewirausahaan santri dari segi pengawasan dan pengontrolan secara langsung belum maksimal. Dimana pihak pengasuh Pondok Pesantren memberikan pelatihan kepada para santri yang mengikuti kegiatan kewirausahaan secara langsung dengan mempraktikkan kegiatan kewirausahaan tersebut, baik berupa pengawasan, evaluasi kegiatan, modal dan pengajaran dalam tiap-tiap kegiatan kewirausahaan. Kata kunci: Manajemen Kewirausahaan, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2021 08:20
Last Modified: 21 Jun 2021 08:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item