ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP KEWENANGAN PEMERINTAH DALAM PEMBERIAN REMISI KEPADA NARAPIDANA DI INDONESIA (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung)

OCA, MUTIARA SAFITRI (2021) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP KEWENANGAN PEMERINTAH DALAM PEMBERIAN REMISI KEPADA NARAPIDANA DI INDONESIA (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1,2 & Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Abstrak Remisi merupakan pengampunan yang diberikan kepada narapidana yang berupa pengurangan masa pidana. Remisi merupakan hak dari setiap narapidana yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Peraturan mengengai remisi diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 03 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluaraga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, Cuti Bersyarat. Dalam fiqh siyasah tidak ada penjelasan spesifik mengenai remisi, namun remisi digambarkan sebagai syafaat (pengampunan). Sejarah dalam Islam remisi pernah diberikan pada masa pemerintahan Umar bin Khatab, hal itu dikarenakan adanya keadaan darurat. Secara umum tujuan dari pemberian remisi baik dari hukum positif maupun hukum Islam yaitu untuk kemaslahatan. Skripsi ini mencoba untuk menggali mengenai penerapan pemberian remisi oleh pemerintah kepada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung baik ditinjau dari hukum positif maupun hukum Islam. Tujuan penelitian ini selain sebagia pemenuhan tugas yaitu untuk menambah ilmu baik bagi penulis maupun pembaca akan pengetahuan mengenai remisi. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun data primer diperoleh langsung dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung yang didukung dengan data sekunder dari Peraturan-peraturan yang terkait, buku, Jurnal maupun literatur lain yang berkaitan. Setelah data terkumpul secara keseluruhan selanjutnya menggunakan pengolahan data berupa editing (pemeriksa data), coding (penanda data), reconstructing (penyusunan data), kemudian dianalisis dalam penelitian menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa remisi diberikan kepada narapidana guna untuk melindungi haknya dan sebagai bentuk perlindungan warga negara dari pemerintah. Pelaksanaan pemberian remisi di Lembaga Kelas I Bandar Lampung telah sesuai dengan SOP yang ada pada Keputusan iii Presiden Nomor 174 tahun 1999 tentang Remisi dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 03 Tahun 2018. Remisi dalam hukum Islam merupakan sebuah rukshah (keringanan), dengan tujuan untuk kemaslahatan dan menghindari kemudharatan bagi setiap orang yang menyesali perbuatannya dengan bertaubat. Analisis fiqh siyasah yang diperoleh yaitu pemberian remisi secara hukum positif sesuai dengan ajaran hukum Islam, dimana tujuannya untuk kemalahatan dan diberikan oleh orang yang berkuasa atau pemerintah. Kata kunci : Remisi, Fiqh Siyasah, Pemerintah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:15
Last Modified: 21 Jun 2021 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14752

Actions (login required)

View Item View Item