BIMBINGAN KARIER DALAM MENCIPTAKAN KREATIVITAS ANAK DI SMP YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN TEGINENENG (YPHT)

Anggraini, Susilawati (2017) BIMBINGAN KARIER DALAM MENCIPTAKAN KREATIVITAS ANAK DI SMP YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN TEGINENENG (YPHT). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Anggraini.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan bagian terpenting dalam diri peserta didik. Bimbingan karir di SMP memiliki peranan penting dalam membantu siswa mencapai standar kompetensi kemandirian dalam aspek perkembangan wawasan dan kesiapan karier. Yang mendasari diadakannya Bimbingan Karier di SMP Yayasan Pendidikan Harapan Tegineneng (YPHT) adalah banyaknya siswa yang masih kurang paham mengenai pengenalan dan pemahaman dirinya sendiri, mengambil keputusan dalam menentukan jurusan, mengenali minat dan bakat dirinya, serta Kebanyakan siswa beranggapan bahwa Bimbingan dan Konseling hanyalah Program dari Guru BK yang dipandang sebagai polisi sekolah. Bimbingan karier dalam menciptakan kreativitas Anak di SMP Yayasan Pendidikan Harapan Tegineneng (YPHT) adalah bimbingan yang memberikan informasi mengenai pekerjaan dan pendidikan yang menyoroti perkembangan kepribadian untuk menciptakan kreatif anak agar dapat menghasilka produk yang baru dan dapat dinikmati keindahannya oleh diri sendiri dan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan bimbingan karier dalam menciptakan kreativitas anak di SMP Yayasan Pendidikan Harapan Tegineneng (YPHT). Jenis penelitiannya penelitian lapangan (Field Research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan dalam kehidupan sebenarnya. Sedangkan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu menggambarkan secara tepat dari sifat-sifat suatu individu, gejala-gejala dan situasi kelompok tertentu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Siswa SMP Harapan yang berjumlah 196 siswa, dan 20 guru SMP Harapan. Jadi, jumlah populasi adalah 216 orang. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 2 Dewan Guru dan 10 siswa yang duduk di bangku kelas VIII dan berusia 13 tahun. Jadi, jumlah sampel 12 orang. Penulis menggunakan analisis kualitatif, dengan pendekatan berfikir induktif. Faktor hambatan yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menerima bimbingan karier atau pemilihan karir antara lain: kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia, pertemuannya yang cukup singkat, serta kurangnya kerjasama antara guru BK dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:53
Last Modified: 29 Sep 2017 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1475

Actions (login required)

View Item View Item