PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7-E BERBASIS CONCEPT MAP TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Rizky, Amanda Arlina (2021) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7-E BERBASIS CONCEPT MAP TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7-E BERBASIS CONCEPT MAP TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Oleh Rizky Amanda Arlina ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan metakognitif dan Minat Belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran dalam kelas masih cenderung taeacher center proses pembelajaran ini lebih banyak menuntut keaktifan pendidik dari pada peserta didik sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien sehingga peserta didik kurang mampu mengembangkan kemampuan metakognitif dan Minat Belajar, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran Biologi untuk mengembangkan kemampuan metakognitif dan Minat Belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pengaruh Model Learning Cycle 7E berbasis Concept Map Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Way Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Desain kelas penelitian ini adalah Posttest- Only Control design. Populasi dalam penelitian ini 6 kelas X IPA SMA Negeri 1 Way Jepara dengan tekhnik pengambilan sampel dengan teknik acak kelas dengan sampel dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Learning Cycle 7E berbasis Concept Map sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode Discovery Learning. Teknik pengambilan data berupa tes uraian (essay), dan angket minat belajar peserta didik. Setelah data tes objektif dikumpulkan pengolahannya dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara umum model Learning Cycle 7E berbasis Concept Map terhadap kemampuan metakognitif dan Minat belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur menunjukan adanya peningkatan dalam kemampuan metakognitif dan minat belajar peserta didik. Dari hasil analisis dan uji hipotesis, pada uji MANOVA kemampuan metakognitif yang diperoleh nilai sig. 0,261 < 0,05 , sedangkan uji MANOVA minat belajar dengan > diperoleh sig. 0,078 < 0,05 dengan sehingga > ditolak dan diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa model Learning Cycle 7E berbasis Concept Map memberikan pengaruh yang baik terhadap kemampuan metakognitif dan minat belajar peserta didik Kata Kunci: Model Learning Cycle 7E berbasis Concept Map, Kemampuan Metakognitif, dan Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:32
Last Modified: 21 Jun 2021 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14747

Actions (login required)

View Item View Item