PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD/MI

DENITA, AGUSTINA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi media pembelajaran Bahasa Indonesia. Di era sekarang proses pembelajaran kurang efektif dan kurang menarik, karena pembelajaran hanya menggunakan media gambar. Perkembangan teknologi semakin pesat banyak media pembelajaran yang bisa dimaanfaatkan. Dalam Bahasa Indonesia sendiri mempunyai keterampilan berbahasa yang harus dapat dikuasai peserta didik, yaitu keterampilan berbicara, keterampilan menyimak, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Khususnya keterampilan menulis merupakan kemampuan untuk menuangkan ide, pikiran dan perasaan. Dalam keterampilan menulis terdapat pempelajaran membuat karangan. Karangan merupakan bentuk tulisan yang mengungkapkan serta menyampaiakan perasaan ataupun pikiran kedalam suatu paragarft yang utuh. Karangan ini dapat berupa hal-hal yang dialami oleh peserta didik di yang disampaikan dengan bahasa tulisan yang mudah dipahami serta dimengerti oleh pembaca. Dengan menggunakan media interaktif yang memiliki hubungan antara manusia dan computer akan membuat prosess pembelajaran lebih efektif dan menarik. Dalam media ini termasuk kedalam komunikasi dua arah yang melibatkan antara manusia dengan computer sebagai alat bantu dalam menyampaikan pembelajaran Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) ini dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap tahap penyebaran (disseminate). Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Validasi diperoleh dengan menggunakan metode berupa pengumpulan angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase rata-rata 83,70% dengan kriteria sangat layak, ahli media memperoleh presentase rata-rata 75,55% dengan kriteria layak dan ahli bahasa memperoleh presentase rata�rata 81% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil pembelajaran interaktif sebesar 86% dengan kategori “sangat layak”. Uji coba kelompok besar yang dilakukan diperoleh presentase respon sebesar 84% dengan kategori “sangat layak”. Disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis video animasi keterampilan menulis karangan sederhana Bahasa Indonesia kelas VI yang akan dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Keterampilan Menulis. Karangan, Media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:54
Last Modified: 18 Jun 2021 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14733

Actions (login required)

View Item View Item