TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM PENGUPAHAN PENGGELONDONG DALAM PENGOLAHAN EMAS (Studi di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan)

Anita, Mawarn (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM PENGUPAHAN PENGGELONDONG DALAM PENGOLAHAN EMAS (Studi di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] PDF
Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian skripsi ini yang menjadi sasaran penelitian terletak di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Dalam hal ini dengan mengamati para penggelondong emas di Dusun Teluk Harapan Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan, mengenai bagaimana pemilik batu melaksanakan sistem pemberian upah terhadap penggelondong emas. Berdasarkan penelitian, sistem pengupahan yang dilakukan adalah berupa kepemilikan lumpur hasil gilingan batu emas tersebut yang didalamnya terdapat kadar emas. Emas yang terdapat didalam lumpur inilah yang menjadi upah penggelondong. Namun, setiap karung batu lumpurnya memiliki kandungan emas yang tidak menentu hasilnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana sistem pengupahan penggelondong dalam pengolahan emas di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan dan Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang sistem pengupahan penggelondong dalam pengolahan emas di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan sistem pengupahan penggelondong dalam pengolahan emas di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan dan mengetahui dan mendeskripsikan tinjauan hukum Islam tentang sistem pengupahan penggelondong dalam pengolahan emas di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara detail terhadap sesuatu yang menjadi obyek, gejala atau kelompok tertentu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berpikir indukrif. Metode berpikir induktif yaitu menggunakan analisis yang dilakukan dengan mempelajari suatu gejala atau kaidah-kaidah dilapangan yang umum mengenai fenomena yang diselidiki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dilokasi penelitian. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa sistem pengupahan yang dilakukan oleh penggelondong emas dan pemilik batu di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan masih menggunakan adat kebiasaan masyarakat setempat. Dalam pemberian upahnya terdapat ketidak pastian kandungan kadar emas dilumpur tersebut. Pandangan hukum Islam terhadap sistem upah pada usaha pertambangan ini jika dikaitkan dengan konsep muamalah tidak sesuai dengan ajaran Islam karena masih terdapat ketidak jelasan hasil emas yang terdapat didalam lumpur tersebut yang menyebakan obyek dari upah tersebut belum jelas. Sehingga ini bertentangan dengan syarat-syarat upah sesuai dengan syari’at Islam yaitu objek upah haruslah jelas hasilnya yang akan didapat oleh penggelondong emas. Dengan adanya kejelasan obyek ini maka kemaslahatan yang didapat lebih banyak dari kemudharatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2021 04:25
Last Modified: 17 Jun 2021 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14709

Actions (login required)

View Item View Item