KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Radika, Ammorti (2021) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RADIKA AMMORTI REVISI FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan utama umat manusia dan harus ditekankan pada anak didik agar mampu menumbuhkan keyakinan dan ketaqwaan murid terhadap Tuhan. Nilai-nilai keagaman sangat perlu sekali ditanamkan pada diri peserta didik. Karena nilai keagaman merupakan wajah bangsa yang menunjukan bahwa bangsa tersebut memiliki nilai, norma dan tata krama yang baik serta sopan dan santun. Guru Pendidikan Agama Islam harus memperlengkapi para anak didik secara kreatif sesuai point-point kehidupan yang bermanfaat dan yang berfungsi terutama tanggug jawab pada peserta didik dimasa yang akan datang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama dalam pembentukkan karakter tanggung jawab peserta didik di SMPN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukkan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data- data penelitian terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan data deskriptif. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan tentang kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukkan karakter tanggung jawab pada peserta didik di SMP negeri 7 Bandar Lampung. Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam di SMP negeri 7 Bandar dalam membentuk karakter tanggung jawab ini juga melalui beberapa metode seperti metode langsung dan tidak langsung, melalui nasihat- nasihat dan memberi perhatian, melalui mata pelajaran tersendiri dan terintegrasi kedalam semua mata pelajaran, keteladan dan reward and punishment. Pada pembentukkan karakter tanggung jawab peserta didik terdapat tiga indikator yakni menyerahkan tugas tepat wakru, mengerjakan sesuai dengan petunjuk dan mengerjakan berdasarkan hasil karya sendiri. Kata kunci : Kreativitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:31
Last Modified: 17 Jun 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14703

Actions (login required)

View Item View Item