PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK GARDNER

ANITA, EVI NURAINI (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK GARDNER. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of skripsi ANITA EVI NURAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK GARDNER Oleh Anita Evi Nuraini Berdasarkan hasil prapenelitian diketahui bahwa pendidik belum memberdayakan kecerdasan majemuk yang dimiliki peserta didik, dan juga belum ada perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) yang mendukung pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Pada proses pembelajaran pendidik masih sering menemui masalah terutama dalam penerapan konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk:(i) Mengetahui bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk gardner yang memenuhi kriteria valid, praktis, serta evektif. (ii) mengetahui bagaimana respon dari pendidik peserta didik terhadap perangkat pemebelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk gardner. (iii) mengetahui bagaimana efektifitas perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk gardner. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk adalah model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu statistik deskriptif kualitatif. Data kualitatif berupa jumlah nilai dari lembar validasi berupa angket. Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk ini adalah diketahuinya kelayakan menurut para ahli yang meliputi ahli materi dan ahli media dan juga dengan mengetahui respon dari pendidik dan peserta didik serta tingkat keefektifan produk. Hasil dari penilaian ahli materi dan ahli media memperoleh kriteria “valid” dengan nilai rata-rata dari ahli materi (RPP) 88,1, Ahli Materi (LKPD) 86,7, dan ahli media (LKPD) 89,5. Kemudian respon pendidik dan peserta didik terhadap perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk pada uji coba tersebut dan uji coba lapangan dengan kategori "menarik sekali", dengan hasil rata-rata pada uji coba terbatas yaitu pendidik 80 dan peserta didik 96,3 dan pada uji coba lapangan dengan hasil rata-rata yaitu pendidik 86,1 dan peserta didik 96,3, sedangkan hasil perhitungan N-gain pada pretest dan posttest adalah 0,7 termasuk dalam kategori “Tinggi”. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran matematika, Kecerdasan Majemuk, dan 4D

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2021 02:38
Last Modified: 17 Jun 2021 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item