PENGARUH ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP PENINGKATAN SELF REGULATION DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 12 BANDAR LAMPUNG

Ernawati, E (2017) PENGARUH ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP PENINGKATAN SELF REGULATION DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 12 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitian di SMAN 12 Bandar Lampung pada mata pelajaran biologi penilaian pembelajaran yang banyak dipergunakan paper and pencil test yang menekankan pada kemampuan kognitif berupa soal esai tanpa memberikan written feedback. Nilai afektif yang rendah disebabkan karena siswa belum memiliki pengaturan diri yang baik atau self regulation yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asesmen portofolio terhadap peningkatan self regulation dan kemampuan kognitif dan besarnya kontribusi yang diberikan asesmen portofolio terhadap self regulation dan kemampuan kognitif siswa kelas XI pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan desain penelitian The Mathching Only and Pretest- Posttest Control Group Desain. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata self regulation awal kelas eksperimen 70,89, dan nilai self regulation akhir 85,08 dengan perolehan N-Gain 0,48. Pada kelas kontrol nilai rata-rata self regulation awal 75,61, dan nilai rata-rata self regulation akhir 83,60 dengan perolehan N-Gain 0,32. Nilai rata-rata pretest kemampuan kognitif 42,90 dan nilai posttes kemampuan kognitif 83,39 dengan perolehan N-Gain 0,71. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest kemampuan kognitif 43,64 dan nilai rata-rata posttes kemampuan kognitif 78,94 dengan perolehan N-Gain 0,63. Berdasarkan uji t independent self regulation untuk nilai N-Gain diperoleh sig (2- tailed) 0.001 < a (0.05), dan uji t independent kemampuan kognitif untuk nilai NGain diperoleh sig (2-tailed) 0.018 < a (0.05). Untuk uji regresi linear Sederhana diperoleh R Square 0,792 artinya 79,2% kemampuan self regulation dipengaruhi oleh asesmen portofolio. Untuk uji regresi linear Sederhana diperoleh R Square 0,505 artinya 50,5% kemampuan kognitif dipengaruhi oleh asesmen portofolio. Berdasarkan hasil angket respon siswa diketahui bahwa siswa merespon positif penggunaan asesmen portofolio. Kata Kunci : Asesmen Portofolio, Kemampuan Kognitif dan Self Regulation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 24 Feb 2017 03:50
Last Modified: 24 Feb 2017 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item