PELAKSANAAN LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASA PUBERTAS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

OKTARI, WULANDARI (2021) PELAKSANAAN LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASA PUBERTAS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI OKTARI...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masa pubertas merupakan periode dimana terjadinya perubahan pertumbuhan dan perkembangan dari anak-anak menuju dewasa dari segi fisik maupun psikologisnya. Dan terjadinya suatu tahapan dalam perkembangan yang di mana terjadi kematangan alat seksual dan tercapainya kemampuan reproduksi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan dasar bimbingan dan konseling melalui audio visual dalam meningkatkan pemahaman masa pubertas peserta didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Layanan Dasar Bimbingan Dan Konseling Melalui Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Masa Pubertas Peserta Didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung sebagai berikut : 1) guru memilih materi yang akan disampaikan kepada peserta didik; 2) persiapan media yang dilakukan oleh guru; 3) guru memberikan materi sesuai dengan prinsip-prinsip psikologi; dan 4) guru memberikan evaluasi. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Pelaksanaan Layanan Dasar Bimbingan Dan Konseling Melalui Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Masa Pubertas Peserta Didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung yaitu tersedianya sarana prasarana yang ada di sekolah dan adanya dukungan administratif oleh kepala sekolah dan staff sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketika guru akan melaksanakan layanan guru harus bergantian dengan guru lainnya untuk menggunakan LCD yang ada disekolah karena jumlahnya yang terbatas. Faktor lainnya adalah tidak pasti tanggal pemberian layanannya dikarenakan tidak adanya jam masuk kelas untuk layanan BK sehingga pemberian layanan bimbingan klasikal dilakukan ketika ada pembelajaran yang kosong atau guru mata pelajaran tidak masuk kelas, baru guru bimbingan dan konseling yang akan menggantikan. Pelaksanaan layanan dasar bimbingan dan konseling melalui media audio visual dalam meningkatkan pemahaman masa pubertas peserta didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung sudah berjalan dan terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 04:32
Last Modified: 16 Jun 2021 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14697

Actions (login required)

View Item View Item