MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

REDO, OKTORIANDA (2021) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  LENGKAP REDO OKTORIANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Manajemen Layanan Perpustakaan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahannya adalah 1)Bagamaimana layanan sirkulasi di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung? 2)Bagaimana layanan Referensi di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung ? 3)Bagaimana layanan klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung? Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang lengkap penulis menggunakan alat pengumpul data berupa Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa Manajemen layanan perpustakaan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung meliputi: 1)Pelayanan sirkulasi Yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yaitu sebagai berikut, menerapkan Layanan peminjaman sistem layanan terbuka dan sistem komputerisasi, Pengembalian buku Melayani murid-murid yang akan mengembalikan buku-buku yang telah dipinjam, Pengembalian buku Menerapkan peraturan tentang lamanya peminjaman, setiap peserta didik Memiliki kartu anggota perpustakaan sejak semester awal masuk sekolah, dan pustakawan Membuat grafik statistik pengunjung.2)Layanan referensi yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yaitu pelayanan pemberin informasi dan pemberian bimbingan belajar. Tugas pelayanan informasi terselenggara dengan efektif dan efisien di dukung dengan faktor kelengkapan koleksi dan faktor kemampuan petugas pelayanan informasi bimbingan belajar yaitu dengan sosialisasi pendidikan perpustakaan dan menumbuhkan sikap minat membaca dalam satu hari minimal 15 menit sebelum kegiatan mengajar di mulai bagi setiap pesera didik .3)Klasifikasi dan katalogisasi. Klasifikasi Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung mengelompokkan bahan pustaka dengan membagi sesuai dengan studi masing-masing dan untuk memberi kemudahan peserta didik mencari dan menemukan buku yang akan di baca atau dipinjam, buku diberi warna setiap kelompok ilmu pengetahuan. Adapaun katalogisasi yaitu membuat deskripsi bibliografi bahan pustaka ke dalam katalog online. erpustakan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung sudah menerapkan Open Public Acces Catalog (OPAC). Hasil dari penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa manajemen layanan perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung sudah terpenuhi dengan cara: Layanan sirkulasi, layanan referensi,layanan klasifikasi dan katalogisasi. Kata kunci: Manajemen, layanan perpustakaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 04:20
Last Modified: 16 Jun 2021 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14696

Actions (login required)

View Item View Item