HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 PINANG JAYA

IRMA, AMELIA (2021) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 PINANG JAYA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (4MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Pinang Jaya Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Pinang Jaya Bandar Lampung dengan populasi seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Pinang Jaya Bandar Lampung. Sample penelitian sebanyak 55 peserta didik yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar dan angket motivasi belajar. Uji instrumen pada penelitian ini menggunakan rumus person product moment dengan program SPSS v.22 for windows dan untuk teknik analisis data menggunakan teknik korelasi. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nolai koefisien korelasi sebesar 0,774 bertanda positif atau searah. Kemudian diperoleh p-value = 0,000 korelasi atau hubungan antara dua variabel tersebut signifikan pada taraf 0,05. Hal ini bisa dilihat dengan adanya angka koefisien korelasi. Nilai tersebut dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikansi 5% untuk N = 55 dan df = N-2 = 53 diperoleh angka 0,266 sehingga terlihat bahwa rhitung > rtabel atau 0,774 > 0,266, sehingga H0 ditolak. Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Pinang Jaya Bandar Lampung. Kata kunci: Gaya belajar, Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 04:17
Last Modified: 16 Jun 2021 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14695

Actions (login required)

View Item View Item