KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

WITA, APRIANA (2021) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI WITA APRIANA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam merupakan kemampuan dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu agama yang sekurang kurangnya meliputi penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program satuan pendidikan mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran yang akan diampu, yang relevan secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran pendidikan agama Islam. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus yang mana menjawab permasalahan pendidikan yang mendalam terhadap program, kejadian, proses, dan aktivitas pendidikan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 5 Bandar Lampung memiliki kompetensi profesional atau kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran PAI dengan baik. Hal demikian didukung dari lulusan yang dimiliki oleh masing-masing pendidik dari bidang pendidikan agama Islam. Beberapa kompetensi profesional yang dimiliki oleh pendidik antara lain dalam setiap pembelajaran guru selalu mengajarkan materi tanpa terfokus pada buku, mereka menguasai materi sehingga langsung terfokus menyampaikan pada peserta didik, menyesuaikan materi pelajaran dengan kurikulum, mengaitkan materi pelajaran dengan ilmu pengetahuan lain, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, dan yang paling penting guru menyampaikan materi yang dapat menumbuhkan sikap positif pada diri peserta didik. Sehingga dari kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru menghasilkan sikap positif yang baik. Contoh dari sikap positif yang dihasilkan dari pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi, melaksanakan shalat dhuhur berjamaah, menciptakan kerukunan antar umat beragama, itu adalah hasil dari tingkah laku dan segi keagamaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 04:08
Last Modified: 16 Jun 2021 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item View Item