PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

TANTRIANA, PANGASTUTI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (761kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK Oleh Tantriana Pangastuti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara pembelajaran Learning Cycle 7E dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis, untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan penalaran matematis, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 7E dan motivasi belajar terhadap kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Khairiyah Suak pada tahun ajaran 2020/2021. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experiment, penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilihat berdasarkan data dan analisis datanya. Desain penelitian yang digunakan adalah posttesst-only control design. Teknik pengambilan sampel kelas pada penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui: Tessoal uraian (essay). untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik. Observasi untuk menilai model pembelajaran yang digunakan. Angket untuk mengungkap motivasi belajar peserta didik. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil sebagai berikut: sehingga ditolak, sehingga ditolak, sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan penalaran matematis lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis. (2) terdapat pengaruh antara motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan penalaran matematis. Akan tetapi kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan motivasi belajar tinggi sama dengan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan motivasi belajar sedang. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:48
Last Modified: 16 Jun 2021 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

View Item View Item