PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMTAICS PROJECT (CMP) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

IS, NANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMTAICS PROJECT (CMP) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL ISNANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan Komunikasi matematis merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh siswa dalam hal belajar matematika. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tulang Bawang Tengah disebabkan karena selama proses pembelajaran siswa masih bersikap pasif dan siswa hanya mendengarkan lalu mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dan gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental dengan rancangan penelitian factorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tulang Bawang Tengah. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Sampel tersebut berjumlah dua kelas yang terdiri dari kelas esksperimen dan kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket gaya belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dua variansi dua jalan sel sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh ditolak, ditolak dan diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan komunikasi matematis. (2) terdapat perbedaan pengaruh antara gaya belajar kinestik, auditorial dan visual. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dan gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP), Gaya Belajar dan Kemampuan Koumunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:27
Last Modified: 16 Jun 2021 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14686

Actions (login required)

View Item View Item