TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ZAKAT USAHA IKAN HIAS (Studi Pada Pengusaha Ikan Hias di Kecamatan Way Halim BandarLampung)

AGUSTINAWATI, AGUSTINAWATI (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ZAKAT USAHA IKAN HIAS (Studi Pada Pengusaha Ikan Hias di Kecamatan Way Halim BandarLampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha ikan hias merupakan usaha yang berkembang dan menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Setiap sesuatu yang berkembang maka wajib dikeluarkan zakatnya. Banyak orang yang mengetahui bahwa harta yang mereka miliki tersebut harus dikenakan zakat, akan tetapi sedikit yang tau mengenai nishab dan kadar yang harus mereka keluarkan, demikian juga dengan pengusaha ikan hias di Kecamatan Way Halim Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan zakat usaha ikan hias di Kecamatan Way Halim Bandar Lampung? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap zakat usaha ikan hias di Kecamatan Way Halim Bandar Lampung? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan zakat usaha ikan hias di Kecamatan Way Halim Bandar Lampung dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap zakat usaha ikan hias di Kecamatan Way Halim Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Kecamatan Way Halim Bandar Lampung. Sedangkan sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data bersifat indukatif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalis. Berdasarkan hasil penelitian dalam pengeluaran zakatnya pemilik toko ikan hias tidak menghitung terlebih dahulu dikarenakan tidak mengetahui bagaimana cara menghitungnya dan untuk pendistribusiannya mereka memberikan secara langsung pada saat momentum tertentu kepada anak yatim yang tinggal di panti asuhan, orang-orang yang tidak mampu seperti janda miskin dan orang yang sedang berhutang yang tidak sanggup untuk membayarnya. Pelaksanaan zakat usaha ikan hias yang berada di Kecamatan Way Halim Bandar lampung penghasilan yang diperoleh dari usaha jual beli ikan hias tersebut telah mencapai nishab dan haul sehingga mesti dikeluarkan zakatnya sesuai dengan ketentuan zakat usaha ikan hias yaitu sebesar 5% dari penghasilan bersih yang didapat dan apabila dilihat dari hukum Islam sudah sesuai dengan iv ketentuan zakat, karena para pemilik toko ikan hias menyalurkan zakatnya kepada mustahik yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Namun kadar zakat yang dikeluarkan tidak diperhitungkan sesuai dengan zakat usaha ikan hias yang ada dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:32
Last Modified: 16 Jun 2021 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14682

Actions (login required)

View Item View Item