PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (Science, Environment, Technology and Society) BERBASIS DIAGRAM VEE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 PUNGGUR

PURI, RETNO MUTIA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (Science, Environment, Technology and Society) BERBASIS DIAGRAM VEE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 PUNGGUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi cetak puri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHOLOGY, AND SOCIETY) BERBASIS DIAGRAM VEE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI BIOLOGI DI SMAN 1 PUNGGUR OLEH PURI RETNO MUTIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran biologi yang selama ini dilakukan kurang efektif dan menarik. Pembelajaran biologi harus bisa melibatkan peserta didik untuk aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran sehingga melatih peserta didik untuk mempunyai kemampuan berpikir kritis dan kemampuan regulasi diri. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) berbasis diagram vee terhadap kemampuan berpikir kritis dan self regulation peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian, seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Punggur. Sampel yang digunakan, kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, non tes, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil uji normalitas, sig > α sehingga data tersebut berditribusi normal. Data kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai sig 0,155 dan kelas kontrol memperoleh nilai sig 0,200. Sedangkan hasil uji normalitas angket self regulation kelas eksperimen memperoleh niali sig 0,147 dan kelas kontrol memperoleh nilai sig 0,161 maka berdistribusi normal. Uji homogenitas yaitu sig > α, 0,074 > 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak artinya data memiliki varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA yaitu dengan menggunakan independent uji MANOVA diperoleh tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 iiditerima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) berbasis diagram vee terhadap kemampuan berpikir kritis dan self regulation peserta didik kelas XI MIPA pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Punggur. Kata Kunci: Model Pembelajaran SETS, Kemampuan Berpikir kritis, Self Regulation, dan Diagram vee

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:56
Last Modified: 16 Jun 2021 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14676

Actions (login required)

View Item View Item