INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MODERAT PADA PONDOK PESANTREN DI BANDAR LAMPUNG

RIKO, PANGESTU (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MODERAT PADA PONDOK PESANTREN DI BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of TESIS RIKO PANGESTU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MODERAT PADA PONDOK PESANTREN DI BANDAR LAMPUNG Oleh RIKO PANGESTU Penegasan tentang pentingnya memasukkan materi moderasi tertuang dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2017 yang menyebutkan bahwa penyelenggaraan sistem perbukuan berasaskan pada kebhinekaan, kebangsaan, kebersamaan, kenusantaraan, keadilan, gotongroyong dan kebebas biasaan. Nilai Islam moderat telah melahirkan sebuah peradaban besar dengan spektrum yang luar biasa mencengangkan dunia, pondok pesantren mempunyai peran dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderat pada santri yang dapat dibentuk melalui pendidikan di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi nilai-nilai Islam moderat yang diajarkan di pondok pesantren serta kegiatan harian santri dalam membentuk nilai-nilai moderat. Jenis penelitian ini adalah field research, dengan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada pondok pesantren di Bandar Lampung. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, kyai, santri dan staf pengajar. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah- langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Uji keabsahannya mengunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, internalisasi nilai-nilai Islam moderat di lingkungan ponpes Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung dan ponpes Aswaja Nurul Huda Bandar Lampung tidak hanya trasnformasi, transaksi, dan transinternalisasi menjadi tiga tahap, melainkan ada tindak lanjut setelah 3 tahap tersebut terlaksana: tahap pertama terkait dengan tranformasi nilai, tahap yang kedua mengenai transaksi nilai, tahap ketiga berkaitan dengan transinternalisasi nilai Islam moderat di pondok pesantren dan selanjutnya terdapat tindak lanjut kegiatan semacam evalusi untuk memantau santri dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderat. Beragam kegiatan khusus seperti giat gotongroyong, santunan anak yatim, tabligh akbar, bekerjasama dengan lembaga lain yang mendukung terbentuknya sifat moderat di dalam diri santri. Dengan demikian, dari hasil penelitian yang dilakukan penulis memberikan kesimpulan bahwa dalam kehidupuan sehari-hari sikap santri, sebagian besar telah mengimplementasikan nilai-nilai Islam moderat seperti sikap tasāmuh (toleransi), tawāzzun (seimbang), ‘adālah (keadilan), dan kesetaraan yang diajarkan para asātidz setiap hari. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Moderat, Pondok Pesantren. iiABSTRACT INTERNALIZATION OF MODERATE ISLAMIC VALUES AT PONDOK PESANTREN IN BANDAR LAMPUNG By RIKO PANGESTU The affirmation of the importance of including moderation material is contained in Law Number 3 of 2017 which states that the implementation of the bookkeeping system is based on diversity, nationality, togetherness, nationality, justice, mutual cooperation and freedom of habit. Moderate Islamic values have given birth to a large civilization with an extraordinary spectrum to astonish the world, Islamic boarding schools have a role in implementing moderate values in santri which can be formed through education in Islamic boarding schools. This study aims to describe and analyze the internalization of moderate Islamic values taught in Islamic boarding schools and the daily activities of students in forming moderate values. This type of research is field research, with a qualitative descriptive method carried out at Islamic boarding schools in Bandar Lampung. Sources of data in this study, namely, kyai, students and teaching staff. Data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. The steps of data analysis are data reduction, data presentation, data verification. The validity test uses source triangulation. The results showed that internalization of moderate Islamic values in the Hidayatul Islamiyah Islamic boarding school in Bandar Lampung and boarding school Aswaja Nurul Huda Bandar Lampung not only transforms information, transactions, and transinternalization into three stages, but there are follow-ups after the 3 stages are carried out: the first stage is related with value transformation, the second stage is about value transactions, the third stage is related to the transinternalization of moderate Islamic values in Islamic boarding schools and then there are follow-up activities such as evaluation to monitor students in implementing moderate values. Various special activities such as active gotong royong, donations for orphans, tabligh akbar, in collaboration with other institutions that support the formation of a moderate nature within the santri. Thus, from the results of the research conducted, the writer concludes that in daily life, the attitude of most of the students has implemented moderate Islamic values such as tasāmuh (tolerance), tawāzzun (balanced), 'adalah (justice), and equality taught by the asatidz every day. Keywords: Internalization, Moderate Values, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:17
Last Modified: 16 Jun 2021 02:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14666

Actions (login required)

View Item View Item